Inovasi Matematika & Pendidikan Matematika Dalam Tantangan Global
Ditulis oleh Panitia Sendika 2017   
Rabu, 31 Mei 2017 09:05
Matematika dan pendidikan matematika dapat dipandang sebagai proses hidup yang dinamis yang selalu memerlukan inovasi dan perbaikan dari waktu ke waktu sejalan dengan perkembangan jaman. Inovasi  matematika dan pendidikan matematika diperlukan pemahaman tentang sejarah, landasan, filosofi, ideologi dan paradigma. Jaman moderen pada abad pertengahan adalah titik balik cara pandang manusia terhadap dunia dan mencapai puncaknya hingga sekarang sebagai jaman kontemporer. Bangsa Indonesia yang besar secara geografis, tetapi masih kecil jika dilihat peran dan kontribusinya dalam menentukan narasi besar dan praksis pendidikan dan pendidikan matematika. Pemahaman berbagai macam teori pendidikan di level global akan membantu memposisikan diri kita sebagai bangsa, lembaga atau individu di dalam ikut mengembangkan pendidikan matematika yang inovatif.
 

Agar inovasi pendidikan matematika dapat terwujud sesuai dengan harapan maka, inovasi pendidikan matematika hendaknya berlandaskan prinsip hermenitika budaya, filsafat, ideologi, paradigma dan teori-teori. Praksis-praksis pendidikan matematika dapat dikembangkan setelah diperolehnya kejelasan kedudukan dan orientasi tujuan pendidikan matematika. Kejelasan kedudukan dan orientasi pendidikan matematika akan memberi kontribusi terhadap konten dan wadahnya narasi besar pendidikan matematika, narasi nasional dan narasi empirical evidences sesuai dengan keadaan faktual yang ada di masyarakat.

 

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam rangka menyesuiakan dan melakukan inovasi terhadap ide dan gagasan matematika dan pendidikan matematika di era telah menyelenggarakan  Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sendika 2017)  pada Sabtu, 20 Mei 2017 dengan tema “Inovasi Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Tantangan Global″.  

 

Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber: Prof. Subanar, Ph.D. (Universitas Gadjah Mada) dan Prof. Dr. Marsigit, MA. (Universitas Negeri Yogyakarta) yang dimoderatori oleh Dr. Teguh Wibowo. Kegiatan ini di buka langsung oleh Rektor UM Purworejo, dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan pemahaman serta tuntutan perkembangan matematika dan pendidikan matematika dalam era global ini. Selain itu juga untuk mendukung kesuksesan seorang dosen, guru, mahasiswa, dan siswa di masa mendatang. Rektor UM Purworejo berharap dengan adanya seminar ini akan terjadi tukar menukar informasi antar berbagai pihak terkait, serta terjalinnya kerja sama yang baik antar dosen, peneliti, guru, serta mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, sejahtera, dan berkarakter. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 250 peserta yang hadir dari 32 institusi yang berbeda dari penjuru nusantara ditutup pada pukul 15.00 WIB setelah sidang paralel yang mempresentasikan 107 judul penelitian di bidang matematika dan pendidikan matematika. Sampai bertemu kembali di Sendika 2018