Gebyar Sweet Seventeen
Ditulis oleh UKM KSR   
Selasa, 06 Juni 2017 12:31
KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Purworejo tanggal 20 Mei 2017 telah memasuki umur 17 tahun, perayaan atau tasyakuran MILAD KSR UMP pada tahun 2017 ini diadakan pada bulan Ramadhan tepatnya pada tanggal 3-4 Juni 2017. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus KSR dan anggota baru KSR yang baru saja dilantik pada tanggal 20 Mei 2017 bertepatan dengan hari lahir KSR serta demisioner dan tamu undangan dari KSR PMI Unit lain dan UKM maupun HIMA Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Milad KSR pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tasyakuran dilaksanakan pada bulan ramadhan. Bulan Ramadhan bukan menjadi halangan untuk UKM KSR selalu meningkatkan kinerja dan berkreasi dalam berkegiatan.Kegiatan ini merupakan program kerja dari bidang Organisasi namun dalam rangkainnya terdapat program kerja dari bidang Rohani dan Sosma. Kegiatan KSR untuk merayakan miladnya memilki beberapa rangkain kegiatan yaitu acara pembukaan, ngaji bareng, ngabuburit, bagi takjil, buka bersama,sholat Tarawih bersama, malam gebyar milad dan grebeg panti.
 
Acara pembukaan dimulai pukul 13.00 WIB di ruang seminar kampus timur Unibersitas uhammadiyah Purworejo dihadiri oleh bapak Istiqo Agus Wicaksono, S.P., M.Sc. selaku wakil rektor III Universitas Muhammadiyah Purworejo, Bapak H. Iyus Herdian S, M.S.iselaku dosen AIK UMP dan bapak hanung Dhidhik Arifin S.Pt., M.Si yaitu pembina KSR PMI Unit UMP. Pada acara ini KSR PMI Unit UMP mengundang bapak Iyus Herdian untuk menjadi penceramah dalam pengajian yang menjadi inti dari acara pembukaan. Kegiatan kami telah mendapat sambutan baik dari pihak kampus. Setelah acara pembukaan seluruh pengurus dan anggota KSR PMI UMP mengikuti ngaji bareng bersama Immawati Lutfah dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pada kesempatan tersebut kami belajar tajwid dan latihan tilawah bersama Immawati Lutfah, kegiatan ngaji ini merupakan program kerja bidang rohani yang menjadi rangkain dari acara Milad KSR. Sekitar pukul 15.30 acara dilanjutkan dengan ngabuburit dan bagi takjil. Kami pengurus anggota dan tamu undangan ngabuburit di Alun-alun Purworejo, Ngabuburit ini ada beberapa kegiatan yaitu Photo Challenge dan games. Ngabuburit kali ini tampak meriah karena kami sangat antusias dan semangat dalam mengikutinya walaupun dalam keadaan berpuasa. Selain ngabuburit sebagian panitia juga ada yang bagi takjil di daerah Purworejo. Adzan maghrib pun terdengar akhirnya kita berbuka puasa dan sholat maghrib di Masjid Agung setelah itu kami makan bersama di Alun-alun Purworejo.
 
Kegiatan ini dilanjutkan dengan Solat Tarawih bersama di masjid kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan setelah solat Tarawih kami melanjutkan dengan acara malam gebyar Milad KSR UMP sekitar pukul 20.30 WIB. Pada acara ini kami mengundang perwakilan UKM, HIMA, demisioner, dan KSR Unit lain. Salah satu rangkain acara pada malam itu adalah pengumuman The best Video ucapan untuk MILAD KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Purworejo yang ke-17. Acara berlangsung lancar dan berakhir sekitar pukul 22.30 WIB.
 
Hari Minggu, 4 Juni 2017 kami melanjutkan acara Grebeg Panti di Panti Asuhan Danukusumo di Kledungkradenan Purworejo. Grebeg Panti merupakan program kerja KSR bidang Sosma yang juga merupakan rangkaian dari Sweet Seventeen KSR. Kegiatan ini diikuti oleh teman-teman Panti yang berjumlah sekitar 45 anak. Acara pembukaan dilaksanakan di Masjid Panti Asuhan Danukusumo dan mendapat sambutan baik dari pihak panti atau pengurus panti. Adapun kegiatannya antara lain sosialisasi media sosial untuk anak SMP dan SMA. Sosialisasi ini mengundang pemateri dari kakak demisioner KSR PMI UMP yaitu kak Nila Alfitasari. Anak SMP dan SMA berjumlah sekitar 35 anak, mereka mengikuti sosialisasi dengan antusias dan banyak dari mereka yang berpartisipasi. Pada sosialisasi ini kami dan teman-teman panti belajar dan sharing tentang apa saja media sosial yang ada di Indonesia, apa dampak negatif dan positif dari penggunaan media sosial, dan banyak lagi pengetahuan tentang media sosial. Sosialisasi ini disampaikan bertujuan agar remaja di Indonesia ramah dalam menggunakan media sosial.
 
Selain sosialisasi media sosial kami juga memberikan sosialisasi kerajinan tangan (Handmade)  kepada anak-anak panti yang masih duduk di bangku SD. Handmade ini menggunakan bahan bekas seperti koran, botol bekas dll. Anak-anak pun terlihat asyik dalam membuat kerajinan tersebut dan hasilnya pun memuaskan. Setelah diberikan sosialisasi anak-anak panti mengikuti beberapa games setelah itu kami memberikan hadiah bagi anak yang berhasil dalam games dan memberikan penghargaan kepada mereka yang membuat kerajinan paling menarik.Kegiatan berakhir sekitar pukul 12.30 WIB.Kegiatan di panti Danukusumo ditutup dengan acara penutupan yang dilaksanakan di masjid panti yang dihadiri oleh pembina KSR dan perwakilan pihak panti bapak Saiman.
 
Akhirnya kami telah melewati serangkaian acara dalam Gebyar sweet seventeen KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Purworejo. Banyak pengalaman yang telah kami dapatkan dalam melaksanakan kegiatan 2 hari itu. Kami selaku pengurus dan anggota baru KSR, dan Demisioner-demisioner KSR dari berbagai angkatan juga telah banyak mendapatkan pengalaman yang begitu megesankan selama 17 tahun. Bnayak harapan-harapan yang kami ucapkan untuk UKM kami KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Purworejo.