Serah Terima Hadiah Tutup Pekan Ilmiah Mahasiswa
Ditulis oleh UKM PKM   
Rabu, 14 Juni 2017 08:22
Akhir pekan dijadikan momentum menutup rangkaian Pekan Ilmiah Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dengan tema “Membangun Peradaban Mahasiswa Beriklim Ilmiah”disampaikan ketua panitia Mei Hardiyani bahwasanya diakhiri dengan lomba proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Ditambahkan Istighfarin Ketua UKM Sainstek, “Forum ilmiah pekan ilmiah ini diharapkan mampu menjadi wadah mahasiswa dalam berkreativitas dengan rangkaian yang telah dilakukan mulai dari Expo , workshop dan lomba penyusunan proposal. Dengan ini sekaligus mempersiapkan lebih awal momentum ilmiah Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi yang akan dihelat pada beberapa bulan ke depan serta memberikan kontribusi positif untuk almamater,”ungkapnya.

Rangkaian agenda ini telah terselenggara sejak  25 April 2017 dengan Expo Produk PKM yang dilaksanakan hingga 5 Mei 2017 di Halaman Kampus merupakan momentum yang diberikan bagi tim PKM yang lolos pendanaan tahun 2016 guna mempublikasikan hasil proses kreativitasnya kepada masyarakat mahasiswa. Kemudian, Lomba Esai dan dilanjutkan dengan workshop PKM 5 Bidang pada 29 April 2017 ini forum yang diselenggarakan bagi mahasiswa yang berkeinginan mempelajari dan mempersiapkan program kreativitasnya yang selain akan dilombakan di tingkat universitas juga diharapkan mampu diajukan dalam pengajuan PKM pada pendanaan tahun 2017. Dan diakhiri dengan lomba PKM dan pada 30 April hingga 3 Juni 2017 sebagai ajang tindak lanjut terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan sebelumnya serta sesi penilaian teknis penulisan dan presentasi proposal di hadapan dewan juri pada 9-10 Juni 2017.

Antusiasme mahasiswa dengan kompetisi ini cukup besar dengan terkumpul sejumlah 94 proposal PKM yang dikumpukan kepada panitia. Selanjutnya, dilakukan seleksi awal dan didapatkan 10 besar terbaik proposal PKM yang dilanjutkan penilaian yang dilakukan oleh dewan juri terdiri dari penilaian administrasi berupa teknik penulisan dan presentasi proposal.

Dan dihasilkan 3 besar terbaik sebagai berikut; Juara 1 dengan ketua tim Rokhimatul Khotimah, yang menyusun dengan judul Om Sera Bento (Olahan Makanan Sereal Bengkoang Top) sebagai Upaya Diferensiasi Pangan dan untuk meningkatkan Nilai Ekonomi Saat Panen Melimpah di Kabupaten Purworejo dengan point 993. Juara 2 dengan ketua tim Ingke Pratiwi Kristianingsih, yang menyusun dengan judul Gerakan Lawan ISIS (Geblek Racikan Vegetarian Menu Andalan Diet untuk Para Ladies Isi Sosis) sebagai upaya diferensiasi pangan dan oleh-oleh makanan tradisional khas purworejo dengan point 965. Juara 3 dengan ketua tim Fikri Aziz Taufiqurrahman, yang menyusun dengan judul Sogut (Bakso Daging Tutut) Solusi Hama Petani Sawah dengan point 963.

“Saya sangat mengapresiasi atas acara yang diadakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo terkhususnya pengurus UKM Sains dan Teknologi. Karena turut membantu mengembangkan kreativitas dan inovasi. Dengan adanya even semacam ini turut serta menggali inovasi kearifan local Kabupaten Purworejo,”ungkap Drs. H. Wuryanto, MM. Asisten 3 Bidang Administrasi Pemerintah Daerah.