Kompetisi Matematika 2017 Se-Kedu dan DIY
Ditulis oleh PAnitia KOMAT 2017   
Sabtu, 30 September 2017 21:39
KOMAT merupakan kependekan dari Kompetisi Matematika. KOMAT yang diadakan oleh HIMAPMA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika) Universitas Muhammadiyah Purworejo ini merupakan ajang kompetisi matematika yang ditujukan kepada siswa-siswi SMA/MA/SMK se-Kedu dan DIY. Ajang ini merupakan program tahunan untuk memperebutkan Piala Bupati Purworejo.

Kompetisi Matematika se-Kedu dan DIY 2017 dengan tema “Ciptakan Budaya Matematika untuk Kemandirian Bangsa”  pada periode kali ini dilaksanakan pada tanggal 2 September 2017 yang  dilaksanakan dalam 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semi-final dan babak final. Dalam babak penyisihan yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 2 September menghadirkan 63 peserta. Peserta kompetisi berasal dari Kabupaten /Kota di Kedu dan DIY  yang akhirnya berkumpul untuk berjuang di Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Acara pembukaan Kompetis Matematika kali ini dihadiri oleh ketua Program Studi Pendidikan Matematika Bapak Riawan Yudi Purwoko, S.Si.,M.Pd. dan dibuka oleh Bapak Wiyonoroto, S.E.,M.Pd. selaku yang mewakili Bupati Purworejo. Beliau juga mengatakan bahwa Kompetisi Matematika ini sangat baik bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat karena banyak manfaat. Beliau juga mnyemangati para peserta untuk selalu tekun dalam belajar, beliau mengapresiasi HIMAPMA karena sudah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo untuk menyelenggarakan acara yang menarik dan perlu untuk dilestarikan menjadi ajang rutin tahunan.

Saat dilaksanakannya babak pertama, pengampu peserta mendapatkan seminar gratis yang dilaksanakan di ruang seminar Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan pembicara Bapak Heru Kurniawan, M.Pd. dengan tema “High Order Thinking Skill”.
Babak semi-Final menghadirkan 20 peserta yang berhasil lolos dari babak penyisihan dari seluruh wilayah yang dilaksanakan di Ruang Kuliah A dan B Kampus Timur Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Harap-harap cemas peserta menanti hasil yang telah mereka perjuangkan. Saat panitia mengumumkan hasil babak semi-final, berbagai ekspresi kambali muncul menghiasi raut wajah peserta. Dari 20 pesert babak semi-final diambil 5 siswa dengan point tertinggi untuk melanjutkan perjuangannya pada babak final yaitu Afip Maulana (SMA Muhammadiyah Purworejo), Berlian Imam (SMK N 1 Purworejo), Chusnul Zakiyah (MA An Nawawi Berjan), Indah Anggraini (MAN Parakan Temanggung) dan Hadi Faisal Afif (SMA Negeri 6 Purworejo)

Pada hari yang sama usai ishoma, babak final dilaksanakan di ruang seminar kampus timur dengan  dihadirkan 3 orang juri yaitu Prasetyo Budi Darmono, M.Pd. selaku dosen program studi Pendidikan Matematika, Suryadi, S.Pd. yang merupakan alumni mahasiswa program studi Pendidikan Matematika, dan juga Andi selaku ketua panitia KOMAT 2017. Babak final dilaksanakan dengan sistem rebutan dengan jawaban benar mendapat skor 10 dan salah mendapatkan skor 0 dengan satu kali pelemparan soal. Soal demi soal diberikan kapada para finalis hingga 20 soal habis masih mendapatkan juara tiga besar. Juara harapan satu dan harapan dua diperoleh melalui soal pinalti sebayak 2 soal. Juara I diperoleh Indah Anggraini dari MAN Parakan Temanggung dan mendapatkan piala bergilir Bupati Purworejo, tropi juara I dan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,00. Juara II diraih oleh Hadi Faisal Afif dari SMA Negeri 6 Purworejo dan berhak mendapatkan tropi juara II dan uang pembinaan sebesar Rp 750.000,00. Juara III diraih oleh Afip Maulana dari SMA Muhammadiyah Purworejo dan mendapat tropi juara III serta uang pembinaan sebesar Rp 500.000,00. Tidak ketinggalan juara Harpan I diraih oleh Chusnul Zakiyah dari MA An Nawawi Berjan dan Juara Harapan II oleh Berlian Imam dari SMK Negeri 1 Purworejo yang mana keduanya juga mendapatkan tropi serta uang pembinanaan sebesar Rp 300.000,00 dan Rp 200.000,00. Sorak sorai dan ucapan selamat turut mengiringi kebahagiaan atas kemenangan mereka.

Ketua panitia KOMAT periode ini yaitu Andi yang berasal dari semester 5 kelas 5-C. Sebagai ketua panitia Andi merasa berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam kegiatan ini. Dia mengatakan bahwa kegiatan ini membuat dirinya semakin mencintai matematika. Dia juga berharap agar KOMAT 2018 jauh lebih baik dan untuk  panitia diharap mempersiapkan acara dari jauh-jauh hari sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan tertib sesuai yang diiinginkan.
Ketua HIMAPMA, Arifuddin mangucapkan selamat kepada para juara dan kepada siswa-siswi yang belum berhasil lolos  jangan berputus asa, perjuangan kalian sudah sangat membanggakan, teruslah  berjuang untuk generasi selanjutnya karena Indonesia membutuhkan kalian untuk kejayaan bangsa, dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mebantu terselenggaranya acara KOMAT 2017 ini baik pihak maupun pihak sponsor dan media partner yang telah membantu sehingga acara KOMAT tahun ini berjalan dengan sukses. “Selamat kepada para juara semoga ilmu yang kalian dapatkan dapat berguna untuk orang tua, Tuhan, masyarakat, nusa dan bangsa. Juga kepada seluruh peserta janganlah berputus asa, teruslah berjuang dan tetaplah semangat. Dan kepada seluruh panitia semoga acara yang akan datang dapat berjalan lebih baik. Amiin” ucap Ketua Himapma 2017 mengakhiri acara KOMAT 2017.