Masa Keakraban (Makrab) Prodi Pendidikan Matematika TA. 2017-2018
Ditulis oleh Hima Matematika   
Kamis, 26 Oktober 2017 13:26
Makrab (Masa Keakraban) HIMAPMA 2017 dilaksanakan pada tanggal 21-22 oktober 2017. Makrab diikuti oleh 83 peserta yang terdiri dari 18 laki-laki dan 65 perempuan, yang terbagimenjadi 8 kelompok. Kelompok 1 (Alpha) yang dipandu oleh Khoirul Azmi terdiri dari 10 peserta, Kelompok 2 (Beta) yang dipandu oleh Faikoh Isnaeni terdiri dari 10 anggota, kelompok 3 (Gama) yang dipandu oleh Nurfadilah Kris Wibowo yang terdiri dari 10 anggota, kelompok 4 (Sigma) yang  dipandu oleh Sri Hartati yang terdiri dari 10 anggota kelompok 5 (Delta) yang dipandu oleh Hananto Purbonugroho terdiri dari 11 anggota, kelompok 6 yang dipandu oleh YasmiAji Pangestu terdiri dari 11 anggota, kelompok 7 yang dipandu oleh Athoilah terdiri dari 11 anggota, kelompok 8 yang dipandu oleh Devi Anggi Anggraeni terdiri dari 11 anggota. Makrab pada hari pertama dilaksnakan diAudtorium Kasman Singodhimedjho yang dihadiri oleh bapak Riawan Yudi Purwoko, S.Si, M.Pd., selaku ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Muh Fajriyanto selaku sekjend IKAHIMATIKA INDONESIA, dan diakhir acara dihadiri oleh Dr. TeguhWibowo, M.Pd. Acara makarab ini dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh bapak Riawan Yudi Purwoko, S.Si, M.Pd., dan dilanjutkan dengan pengenalan HIMAPMA dan IKAHIMATIKA. Dilanjutkan pemilihan putra dan putrid himapma periode 2017, system penilaianya yaitu pertanyaan sekitar himapma dan umum dilanjutkan penilaian bakat. Putra  HIMAPMA periode 2017 yaitu Abdul Muhaimin dengan sekortertingi yaitu 1.482 dan putri HIMAPMA 2017 yaitu Emmelia Refina dengan sekor tertinggi yaitu 1.464.

Setelah acara pengumuman putra dan putri HIMAPMA selesai dilanjutkan ishoma dan setelah itu penampilan pensi dari masing-masing kelompok, pemandu dan panitia. Penampilan pensi dilakukan secara acak yaitu dimulai dari kelompok 1 yaitu dengan penampilan tari tradiaional,  Kelompok 5 dengan penampilan dramatisasi lagu dengan tema dukun edan,  Kelompok 7 dengan penampilan tari moderen,  Kelompok 3 dengan penampilan dramatisasi lagu dengan tema kinds zaman now,  Kelompok 8 dengan penampilan drama musikal dengan tema kemerdekaan dari jamu edan , Kelompok 2 dengan penampilan tari modern, kelompok 4 dengan penampilan Drama musical dengan tema cinta segi lima , kelompo 6 dengan penampilan tari tradisional. Penampilan pensi yang selanjutnya yaitu dari pemandu dengan meamplkan kolaborasi antara tari tradisional dan tari modern, dan dilanjutkan penampilan pensi dari panitia yaitu dramatisasi lagu dengantema bojo galak.penampilan pensi peserta,panitia, dan pemandu berlangsung meriah diikuti dengan berjoged bersama. Diakhir acara dihadiri bapak Dr. TeguhWibowo, M.Pd., dengan memberikan motivasi kepada seluruh peserta dan panitia. Berakhirlah acara pembukan makarab pada hari pertama.

Hari kedua makrab dilaksanakan di Desa Puleari, Sleman peserta berkumpul dikampus pukul 5.30 WIB dan pemberangkatan pukul 06.30 WIB.Peserta dibagi menjadi dua bus, dan 1 mobil pariwisata kecil. Sesampainya disana semua peserta dan panitia dikumpulkan di aula Desa Pulesari, Sleman untuk bermain game bersama. Permainan ini berlangsung selama 3 jam yaitu dari jam 9.00 WIB - 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan Ishoma. Setelah Ishoma kemudian seluruh peserta berbaris sesuai dengan kelompoknya untuk outbond. Ada 9 pos outbond yang harus dilalui oleh seluruh peserta dan panitia dengan menyusuri sungai yang berbatu-batu. Setelah acara outbond selesai dilanjutkan dengan ishoma, setelah itu dilanjutkan dengan sharing dengan devisioner HIMAPMA tahun 2016, dan pembagian hadiah. Juara 1 pensi diraih oleh kelompok 8 dengan menampilkan drama musical dengan tema kemerdekaan dari jamu edan dan juara 2 diraih oleh kelompok 6 dengan menampilkan tari tradisional. Juara video maker terbaik diraih oleh keompok 2 ,juara adik terfavorit diraih oleh sodara Romadi dan juara pemandu terbaik diraih oleh Devi Anggi Anggraeni. Setelah acara pembagian hadiah selesai dilanjutkan persiapan tempat untuk acara inti makrab yaitu penyalaan lili yang dikelilingi oleh peserta, diikuti dengan pembacaan puisi, menyalakan petasan dan setiap peserta menyalakan 1 kembang api diiringi dengan doa dan dilanjutkan penulisan kesan dan pesan untuk HIMAPMA kedepanya. Acara selesai semua pengurus berfoto bersama. Kemudian beres-beres tempat dan pulang kekampus pukul 20.00 WIB, sesampainya dikampus yaitu pukul 22.10 WIB semua peserta dan panitia kembali kerumah masing-masing.