Racana UM Purworejo Mengadakan Kegiatan KMD 2018
Ditulis oleh Racana UM Purworejo   
Kamis, 15 Maret 2018 14:11
 
Gerakan Pramuka adalah wadah pembinaan untuk mewujudkan kaum muda yang cerdas  dan mandiri berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam mencapai hal tersebut dibutuhkan kualitas Pembina Pramuka yang mahir untuk membina peserta didik di satuannya. Pramuka Pandega sebagai calon Pembina Pramuka perlu mendapat bekal yang memadai tentang teknis kepramukaan.
 
Berdasarkan hal di atas, Dewan Racana K.H.A. Dahlan dan Nyi Walidah Universitas Muhammadiyah Purworejo bekerjasama dengan Kwartir Cabang Purworejo mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) angkatan ke-2 Tahun 2018 di Desa Golok, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari – 01 Maret 2018 dengan jumlah 49 peserta. Peserta terdiri dari 15 Putra dan 34 Putri yang berasal dari Mahasiswa UM Purworejo, UNTIDAR, UNY, UMY, dan Guru SMA N 3 Purworejo, SMK N 6 Purworejo, SMA N 11 Purworejo, SMK Kartini Purworejo, serta siswa SMA Darul Hikmah Kutoarjo.

Peserta KMD mendapatkan materi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak oleh pelatih-pelatih handal dari Kwartir Cabang Purworejo. Kegiatan dibuka dengan ciri khas Racana yaitu Adat Buka Racana dilanjutkan dengan kegiatan pre-test, dilanjutkan dengan kegiatan kursus yaitu dengan pemberian materi di ruang sesi dan kegiatan praktik di lapangan. Peserta KMD dibina menjadi Pembina Pramuka yang baik dan handal serta praktik menjadi seorang Pembina Pramuka. Pada malam terakhir diadakan Upacara Api Unggun, malam gembira, malam atraksi, malam pentas seni. Pada malam itu, peserta menampilkan drama tri satya, mini drama, mix tari tradisonal dan modern, tari trdisional, tari modern dan lainnya. Dari 49 peserta, terpilih 10 peserta tergiat antara lain :

1.    Nurul Karimah
2.    Mia Sarmiasih
3.    M. Wildan Agusta
4.    Arty Isworo
5.    Latifah Nuraini
6.    Ahmad Sya`bani
7.    Annisa Rahmawati
8.    M. Masyruhan
9.    Sri Devi Monica
10.  Sri Indah Wahyuningsih

Kegiatan di Desa Golok diakhiri dengan Upacara Penutupan yang dihadiri oleh Pembina UKM Pramuka Kak Herlina, Kepala Desa Golok dan para Pelatih Kwartir Cabang Purworejo. Sebelum sayonara, dilaksanakan Adat Tutup Racana di depan gedung UKM sebagai ciri khas penutupan setiap kegiatan di Racana. Salam Pramuka!!