Pelatihan Pembuatan Produk Olahan Mangrove bersama Tim PHBD ARMAJO
Ditulis oleh UKM Jurnalistik   
Senin, 08 Oktober 2018 10:31
Purworejo - Bersama Tim PHBD ARMAJO Universitas Muhammadiyah Purworejo, ibu-ibu PKK Desa Jatikontal mengikuti pelatihan pembuatan produk olahan mangrove pada Sabtu, 6 Oktober 2018 bertempat di Balai Desa Jatikontal, Kec. Purwodadi. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai rangkaian acara dari PHBD ARMAJO dengan tema “Laboratorium Alam dan Pusat Edukasi Mangrove; Upaya Rehabilitasi Pesisir untuk Menjaga Mutu Air Baku; Pengkayaan Spesies Mangrove dan Plasma Nutfah Pesisir”.

Pelatihan pembuatan produk olahan mangrove dimulai pukul 13.00 WIB, diawali dengan pembukaan acara oleh ketua PKK Desa Jatikontal, kemudian pemberian materi tentang cara pembuatan produk olahan mangrove oleh Jeki MW Wibawanti, M.Eng, M.Si, dan dilanjutkan dengan pembuatan produk olahan mangrove berupa teh jeruju, sirup apel mangrove, dan manisan mangrove.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan pengolahan produk mangrove yaitu untuk membekali ketrampilan pengolahan mangrove dan menciptakan lapangan kerja baru atau pekerjaan sambilan bagi warga Desa Jatikontal. Setelah diadakannya pelatihan ini, diharapkan masyarakat mampu membuat produk turunan mangrove untuk kemudian dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan terciptanya Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PRUKADES) sekaligus oleh-oleh/souvenir khas pesisir.