UMP Perkuat Internasionalisasi Kampus
Ditulis oleh Panitia   
Rabu, 06 Maret 2019 13:59
Purworejo (6/3/2019): Penguatan Kerjasama di lingkungan kampus baik dalam negeri maupun luar negeri merupakan sebuah keniscayaan saat ini. Di era yang sudah sudah terbuka dan tanpa ada batasan antar negara, perguruan tinggi perlu menjalin kerjasama dengan mitra luar guna meningkatkan mutu civitas akademik bagi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Untuk mendukung internasionalisasi kampus, UMP bekerjasama dengan Universitas Teknologi Malaysia mengadakan workshop bagi para dosen dengan tema “Embracing industrial revolution 4.0: The future of Education”. UMP mengundang Assoc. Prof. Dr. Azlina Mohd Kosnin dan Assoc. Prof. Dr. Siti Aisyah Panatik dari UTM sebagai narasumber.

Di era yang serba digital, penggunaan teknologi di bidang pembelajaran merupakan sebuah tantangan tersendiri. Mahasiswa sangat tergantung dengan teknologi terutama teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dosen dituntut mampu menyikapinya dengan bijak di dalam proses perkuliahan. Melalui workshop ini, dosen diharapkan dapat melakukan pembelajaran berbasis web atau internet baik di dalam maupun di luar kelas. Penerapan model pembelajaran online dapat diterapkan sehingga pembelajaran tidak lagi terbatas ruang dan harus tatap muka di kelas. Hal itu dapat menciptakan atmosfir belajar yang menarik dan interaktif bagi para mahasiswa. Namun, menurut keynote speakers bahwa teknologi di dalam perkuliahan tidak boleh mengabaikan penerapan nilai-nilai bagi para mahasiswa.

Rektor UMP, Drs. H. Supriyono, M.Pd. menyampaikan bahwa UMP telah melakukan berbagai kegiatan rutin di bidang kerjasama luar negeri, antara lain international conference, student-exchange ke Malaysia, Guest Lecture dengan mengundang pembicara dari luar negeri, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya akan meningkatkan mutu dan eksistensi UMP sebagai perguruan tinggi yang mampu mencetak lulusan yang berdaya saing global. Pada bulan April ini UMP akan mengirimkan Mahasiswa untuk mengikuti Program Student Exchange dalam rangka PPL Internasional di UTM. Oleh karena itu, UMP berkomitmen untuk memperbanyak kerjasama luar negeri dengan berbagai mitra di luar negeri.