Pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo Periode 2019-2023
Ditulis oleh Humas   
Selasa, 30 April 2019 06:03

  

Pada hari Senin, 29 April 2019 bertempat di Ruang Seminar Kampus III Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. Pahlawan Km 3 Sucen Jurutengah Purworejo, telah diadakan pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo Periode 2019-2023. Pelantikan dilakukan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Drs. H. Ahmad Dahlan Raiz, M.Hum dengan menetapkan Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag  sebagai Rektor UM Purworejo untuk masa jabatan 2019-2023. Hadir dalam acara pelantikan ini Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec selaku Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Kepala LLDikti Wilayah 6 Jateng, PWM Jateng, Bupati beserta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Purworejo, Ketua beserta anggota BPH, para Senator, para Pimpinan Perguruan Tinggi, para Mitra Kerja Perguruan Tinggi, beserta para Dosen dan Pegawai UM Purworejo.   

 

Pada kesempatan tersebut, Rektor UM Purworejo Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. menyampaikan bahwa kedepan UM Purworejo akan terus menjaga dan terus meningkatkan mutu pendidikan diantaranya melalui peningkatan sarana dan prasarana, meningkatkan mutu layanan administrasi dan layanan pendidikan. Untuk meningkatkan mutu layanan administrasi akan dimanfaatkan teknologi informasi guna mengembangkan sistem informasi akademik dan sistem informasi manajemen keuangan yang efektif dan efisien. Adapun peningkatkan mutu layanan pendidikan akan melalui peningkatan kualitas sumber daya insani, peningkatan jumlah dosen profesional, jumlah Doktor dan Profesor. 

 

Lebih lanjut, Dr. Rofiq mengajak para dosen dan pegawai UM Purworejo untuk terus bekerja keras dan bekerja dengan ikhlas dengan hati yang senang dan gembira sehingga akan muncul berbagai kreatifitas baru demi menuju cita-cita meraih kejayaan UM Purworejo.  

 

“Mari kita kembangkan kampus ini menjadi kampus yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi”, pungkas Dr. Rofiq Nurhadi.

 

Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Kepala LLDikti Wilayah 6 Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sumarno, S.E., M.Si. Pada kesempatan itu, beliau berpesan agar peningkatan mutu akreditasi perguruan tinggi menjadi prioritas yang harus dikembangkan. Lebih lanjut, diperlukan juga untuk mengembangkan program-program vokasi melalui kerjasama industri dan kampus, sehingga dapat menyiapkan lulusan yang benar-benar dibutuhkan oleh dunia industri. Disamping itu, program akademis juga tetap harus dikembangkan sehingga diharapkan menjadi salah satu perguruan tinggi yang dapat menjadi rujukan bagi perguruan tinggi lain baik nasional maupun internasional.

 

Sementara itu, Ahmad Dahlan Rais dalam sambutannya berharap, dilantiknya Rektor UM Purworejo yang baru dapat memotivasi adanya perubahan bagi UM Purworejo ke depan. Dengan itu, UM Purworejo dapat lebih unggul dibandingkan dengan kampus lainnya.

 

“Unggul artinya kalau ditarungkan dalam kompetisi itu menang, itu namanya unggul. Caranya bagaimana? Bangun kepemimpinan yang kuat,” ungkapnya.

 

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh civitas akademika UM Purworejo agar selalu berpikir kreatif. “Sebuah aksi/amal bisa dikatakan kreatif bila memenuhi 3 ukuran, yaitu bersifat novelty (kebaruan), jangan sampai hanya monoton atau diulang-ulang. Solutif, yaitu perbuatan atau amal atau kerja kita ada unsur-unsur pemecahan dan Divergent yaitu melihat persoalan tidak hanya dari 1 sudut pandang saja, tapi dari 2 atau 3 sudut pandang yang lain”, katanya.