Produk Kreativitas Mahasiswa Kue Lompong UM Purworejo, Berkhasiat Sebagai Pencegah Kanker
Ditulis oleh Tim PKM KOPONG MISWA   
Kamis, 16 Mei 2019 16:05
 
Makanan khas Kabupaten Purworejo banyak dicari oleh wisatawan luar daerah yang berkunjung di Purworejo pada akhir pekan. Kue lompong menjadi salah satu alternatif yang pas sebagai produk lokal dengan ciri khasnya. Apalagi  jika produk tersebut juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh yang terdapat dalam produk inovatif seperti KOPONG MISWA ini.
 
KOPONG MISWA merupakan produk makanan hasil inovasi lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, yakni Yayang Dela Puspita Ayu (Prodi PGSD), Siti Nur Latifah (Prodi Manajemen), Adita Kurniawati (Prodi Manajemen), Ika Fitri Islamiyah (Prodi Manajemen), dan Intan Lestari (Prodi Pend. Matematika).
 
Produk KOPONG MISWA merupakan hasil inovasi dari kue lompong dengan tambahan ekstrak kulit manggis dan susu kambing etawa. Produk ini sudah tidak diragukan lagi mengenai rasa dan khasiatnya karena telah lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti tahun 2018. Produk ini mampu menjadi makanan alternatif untuk pencegah kanker dengan harganya yang sangat terjangkau yakni Rp. 2.000,- per buahnya.
 
“KOPONG MISWA ini semata-mata merupakan upaya untuk melestarikan makanan khas Kabupaten Purworejo khususnya kue lompong dengan inovasi menambah varian yang berbeda. Terbukti dengan upaya ini kami mampu menarik minat pembeli dan memasarkan produk ini kepada pelancong yang singgah di beberapa wisata Kabupaten Purworejo, mereka tertarik mencobanya karena varian rasa yang berbeda dan khasiat yang kami tawarkan,” ungkap Yayang Dela Puspita Ayu selaku ketua tim PKM, Rabu (15/5).
 
“Kami berhasil menjaring konsumen yang tertarik pada produk KOPONG MISWA dengan menerima pesanan sampai luar daerah Purworejo seperti Wonosobo melalui layanan WA: 081359314438. Sejak bulan pertama produksi kami telah mendapat order atau pesanan secara kontinu baik dari eceran maupun borongan,” lanjutnya.
 
Suyoto, M.Pd. selaku dosen pembimbing tim PKM KOPONG MISWA menyatakan bahwa produk ini menjadi produk inovatif dan sekaligus memiliki khasiat sebagai pencegah kanker. Selain itu, produk inovasi kue lompong dengan ekstrak kulit manggis dan susu kambing etawa ini menjadi gebrakan baru dalam pelestarian makanan khas daerah Kabupaten Purworejo yang kini mulai tidak diminati orang.
 
Kue lompong sendiri memiliki tekstur yang legit serta rasa yang manis. Selain itu Purworejo juga mempunyai potensi lokal lainnya yaitu buah manggis. Manggis merupakan tumbuhan fungsional karena sebagian besar dari tumbuhan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai obat, salah satunya adalah kulit manggis. Menurut penelitian, kandungan utama yang dimiliki kulit manggis adalah Xanthone. Xanthone merupakan salah satu kandungan senyawa alami tertinggi yang dimiliki kulit manggis bahkan manfaat dan khasiat kulit manggis telah terbukti sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit degenerative seperti kanker. 
 
Selain kue lompong dan buah manggis, Kabupaten Purworejo khususnya di daerah Kaligesing banyak dijumpai peternak kambing etawa. Kambing etawa ini dapat menghasilkan susu yang memiliki protein yang tinggi. Susu kambing etawa mengandung flourin lebih banyak daripada susu sapi. Berdasarkan penelitian, kandungan flourin pada susu kambing etawa adalah 10 sampai 100 kali kandungan flourin pada susu sapi. Flourin sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.