Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris melalui Metode Berbasis Integrated Edutainment System
Ditulis oleh Tim PKM Pengabdian Masyarakat   
Kamis, 11 Juli 2019 09:31
Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional atau bahasa pemersatu seluruh dunia dalam berkomunikasi. Hampir seluruh aspek bidang telah didominasi oleh Bahasa Inggris seperti halnya dalam Bidang Ekonomi, Politik, Teknologi, dll. Akan tetapi, dalam hal ini berdasarkan hasil survey EF EPI (English Proviciency Index) tahun 2018, masyarakat Indonesia atau masyarakat Jawa Tengah pada khususnya berada pada level rendah, dikarenakan bahwa Bahasa Inggris dianggap sulit untuk dikuasai.

Mengingat kondisi tersebut, serta kurangnya semangat belajar Bahasa Inggris generasi muda, khususnya di MI Imam Puro Brenggong, dimana pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, maka dari hal tersebut tergeraklah semangat Mahasiswa UMP untuk melakukan pengabdian tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan nuansa baru yang menyenangkan dengan judul “Fun English Gate : Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Integrated Edutainment System Sebagai Pintu Gerbang Kemajuan Generasi Muda di MI Imam Puro Brenggong, Purworejo.”
 
Dalam hal ini, kata “Edutainment” sendiri berasal dari kata Education dan Entertainment, yang berarti pendidikan atau pembelajaran yang dipadukan dengan hiburan atau permainan guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kreatif, dan edukatif. Tim pengabdian ini berasal dari Mahasiswa berbagai program studi (prodi), diantaranya adalah Galuh Kirana Wijayanti (Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris), Eluh Hana Lestari (Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris), Juli Lestari (Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris), dan Reni Nur Cahyo (Mahasiswa Teknologi Informasi) yang dibimbing oleh Bapak Abdul Ngafif, M.Pd. B.I. selaku dosen pendamping dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

“Dengan adanya pengabdian ini, kami berharap agar generasi muda Indonesia atau siswa-siswi di MI Imam Puro Brenggong pada khususnya telah tertanam sejak dini untuk memiliki semangat tinggi dalam belajar Bahasa Inggris supaya mereka memiliki kemampuan berbahasa Inggris untuk dikembangkan sebagai bekal masa depan mereka di masa yang akan datang.” kata Galuh Kirana, ketua tim pelaksana.

Dalam pelaksanaannya, pengabdian ini dibagi menjadi 3 tahap, yaitu Fun English Gate (FEG) 1, 2, dan 3. Tiap tahapan memiliki tujuan serta karakteristik tersendiri, dimana pada FEG 1 menitikberatkan pada kemampuan kognitif siswa (material & culture) dalam belajar Bahasa Inggris. Siswa diberi materi pembelajaran dengan berbagai media atraktif yang digunakan untuk menunjang pembelajaran yang berlangsung. Disisi lain, pada FEG 2 menitikberatkan pada kemampuan afektif siswa (storytelling) untuk melatih kepercayaan diri serta kreativitas mereka dengan membuat sendiri media hand puppet (boneka tangan) untuk melakukan storytelling pada pembelajaran. Sedangkan pada FEG 3, siswa dititikberatkan pada kemampuan psikomotorik (nature trip) dengan pengaplikasian materi pembelajaran yang didapat sebelumnya dalam sebuah permainan.

Menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dari biasanya, serta memadukan berbagai media pembelajaran yang atraktif mampu menumbuhkan semangat belajar siswa. “Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa mahasiswi dari UM Purworejo yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan ini. Harapan saya anak-anak bisa tambah ilmu pengetahuannya khususnya dalam hal Bahasa Inggris.” Ungkap Nur Khasanah, kepala MI Imam Puro Brenggong, Purworejo, Sabtu (6/4).

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini275
mod_vvisit_counterKemarin2261
mod_vvisit_counterMinggu ini275
mod_vvisit_counterBulan ini57578
Kami memiliki 34 tamu online