Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Pelatihan Softskill 2019
Ditulis oleh Panitia   
Sabtu, 13 Juli 2019 09:48
Dalam menjalankan aktifitas perkuliahan, setiap mahasiswa pasti berharap mendapatkan IPK yang sempurna. Dengan IPK yang sempurna, maka akan mempermudah urusan dalam mencapai kesuksesan hidupnya. Pada kenyataannya, kemampuan akademis yang didapatkan selama perkuliahan bukan hanya satu-satunya faktor penentu kesuksesan seseorang. Disamping menguasai hardskill, penting bagi seorang mahasiswa untuk mampu mengasah softskillnya menjadi lebih baik. Terlebih di dunia kerja, kedua skill tersebut saling mendukung dan menyempurnakan satu sama lain. Pentingnya penguasaan softskill bagi mahasiswa menjadi dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo mengadakan acara pelatihan softskill yang ditujukan kepada mahasiswa semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 8 s.d 9 Juli 2019 ini bertujuan untuk mengenal potensi diri, strategi belajar, komunikasi, cerdas emosional, integritas akademik, dan optimisme diri mahasiswa. Bertempat di Gedung Bundar, Kampus Plaosan Universitas Muhammadiyah Purworejo, kegiatan ini diikuti seluruh mahasiswa semester 2 yang dibagi menjadi beberapa kelompok dan beberapa kloter waktu. Kloter pertama dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 09.15, sedangkan kloter kedua dimulai pukul 09.15 hingga pukul 11.30.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan di ruang kuliah dengan pemateri yang berasal dari dosen-dosen terpilih dari berbagai prodi UMP. Acara yang digelar rutin setiap tahun ini selalu mendapat antusiasme yang tinggi tidak hanya dari mahasiswa peserta, namun juga para pemandu softskill yang berasal dari HIMA berbagai prodi. Salah satu peserta bernama Nurul Fitriany (PBSI) menyatakan sangat senang mengikuti acara tersebut karena mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan yang berguna untuk dunia kerja, serta dapat saling memahami karakter setiap orang dan menambah silaturahmi antar prodi. Hal serupa juga disampaikan oleh pemandu atas nama Reza (PTO) yang mengatakan bahwa materi yang didapatkan sangat berguna tidak hanya untuk peserta softskill namun juga untuk pemandu yang mendapatkan pengalaman baru. Kegiatan softskill ini diiringi oleh permainan kerja kelompok untuk menumbuhkan serta menyadarkan kemampuan luar biasa setiap orang yang mungkin tidak disadari.

Sementara itu, panitia mengungkapkan adanya sedikit kendala yang muncul dalam acara tersebut yaitu pada saat peserta yang akan masuk ke link peta diri serta link harapan dan target memiliki sedikit kesulitan dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproses. Namun demikian, panitia berharap agar agenda tahunan ini dapat terlaksana dengan lancar dan lebih baik lagi pada periode selanjutnya.   

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini573
mod_vvisit_counterKemarin2267
mod_vvisit_counterMinggu ini15628
mod_vvisit_counterBulan ini51268
Kami memiliki 35 tamu online