Cantik dengan MASKOPAH
Ditulis oleh Tim PKM MASKOPAH   
Senin, 15 Juli 2019 10:06
Kecantikan bukan masalah yang asing lagi bagi semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai usia lanjut orang terutama perempuan zaman sekarang ini. Dapat dilihat bahwa tidak hanya yang muda yang peduli dengan perawatan kecantikan, bahkan yang sudah lanjut usia pun masih sangat peduli dengan perawatan kecantikan seperti perawatan wajah, perawatan kulit kepala dan rambut, hingga perawatan badan. Dari berbagai perawatan yang dilakukan oleh masyarakat, perawatan wajah merupakan salah satu perawatan yang paling sering dilakukan dan diminati.

MASKOPAH (masker kopi rempah) merupakan salah satu produk Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo yang didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI tahun 2018. Produk ini termasuk produk masker kecantikan yang terbuat dari kopi, jahe, bawang merah yang dikombinasikan dengan madu dan jeruk nipis. Saat ini olahan kopi dan jahe hanya sebatas minuman dan ekstrak untuk tambahan aroma pada makanan. Olahan berupa masker kopi rempah belum ada sehingga inovasi masker ini memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit yang tentunya mampu bersaing dipasaran.

Penciptaan suatu produk berupa produk kecantikan yaitu masker, dari beberapa masker MASKOPAH mempunyai perbedaan dibahan bakunya yang menggunakan Kopi dan Rempah seperti Jahe, Bawang Merah dan Jeruk Nipis. Bahan alami yang digunakan pada produk MASKOPAH ini di buat menjadi masker yang memiliki tekstur, tidak seperti masker lain yang halus dan hanya akan meresap di kulit, tetapi MASKOPAH memiliki hal lain yaitu bisa dijadikan sebagai scrub untuk kulit wajah. Selain meresap di kulit wajah, manfaat lain yang didapat dari bahan-bahan alami tersebut yaitu dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, sehingga setelah pemakaian MASKOPAH wajah akan terlihat segar dan tampak lebih sehat.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa biji kopi yang memiliki antioksidan, kafein dan Dicaffeoylqunic Acid dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit wajah yaitu untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran minyak, debu polusi pada kulit menangkal radikal bebas dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sedangkan jahe memiliki kandungan senyawa pada jahe terdapat kandungan minyak atsiri, dari kandungan tersebut mampu memberikan manfaat untuk kecantikan yakni mengatasi pada masalah kulit wajah seperti: mengurangi minyak, menghilangkan bekas luka, menghilangkan kantung mata, mengatasi jerawat, dan menghilangkan bintik hitam. Serta bawang merah berfungsi untuk mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan yang berupa vitamin A, C, dan E, mengobati jerawat karena memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi, mencerahkan wajah karena bawang merah dapat membantu membersikan darah dan memasok asupan flavonoid yang sangat penting untuk kecantikan kulit vitamin C dalam bawang merah juga berperan penting untuk menjaga agar kulit tetap lembab, sehat dan berseri dan mengatasi flek hitam dan pigmentasi.

Melihat manfaat kafein dan ginger yang terdapat pada kandungan kopi dan rempah yang dapat dimanfaatkan, maka tim kemudian menemukan inspirasi untuk menggabungkan kafein dan ginger sebagai produk masker agar menambah nilai jual yang lebih dengan label MASKOPAH (masker kopi rempah).