Tiga Tim PKM Universitas Muhammadiyah Purworejo Lolos PIMNAS Ke-32 Bali
Ditulis oleh Humas   
Sabtu, 03 Agustus 2019 08:45
Sebanyak 3 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) dipastikan melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 Bali yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Setelah mengikuti Monev External 2019 yang digelar di UNTIDAR beberapa minggu lalu, ketiga tim yang dinyatakan lolos yakni Talikarsa (Tas Limbah Kain Perca dan Serabut Kelapa) yang diketuai oleh Farichatun (P. Matematika), Pelan Tapi Pas (Pemanfaatan Lahan Hutan Pinus sebagai Tempat Wisata) yang diketuai oleh Miftakhu Khafid (Prodi Manajemen), dan Go Polimer Ecoli (Gunakan Olahan Pot Limbah Merang Eco Friendly) yang diketuai oleh Dian Kusumaning Ratri (Prodi Agribisnis).

Hasil itu diumumkan di laman Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemenristekdikti yang diunggah pada Selasa, 30 Juli 2019. Dengan jumlah tersebut, UMP menempati peringkat ketujuh Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia yang paling banyak meloloskan timnya ke PIMNAS dari seluruh PTS di Indonesia. Acara PIMNAS ke-32 tahun ini digelar di Universitas Udayana Denpasar, Bali, 27-31 Agustus 2019. Dari lima jenis bidang PKM, UMP mengikuti  PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM) sebanyak dua kelompok dan PKM Kewirausahaan (PKMK) sebanyak satu kelompok.

PIMNAS sendiri merupakan acara puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang digelar setiap tahun dengan melibatkan perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh tanah air. Ajang kompetisi kreativitas ini diikuti oleh mahasiswa atau kelompok mahasiswa baik yang telah terpilih melalui seleksi maupun peserta mahasiswa bebas. Kegiatan ini diadakan untuk memberi kesempatan lebih luas bagi mahasiswa dan pihak perguruan tinggi untuk saling berkomunikasi, bertukar pengalaman dan informasi serta sebagai ajang proses belajar. Pada ajang ini, diadakan kegiatan presentasi dan lomba poster yang akan memperebutkan medali Emas, Perak dan Perunggu. Menurut pembina UKM Sainstek, Suyoto, M.Pd., PKM tahun ini merupakan pencapaian tertinggi dalam sejarah UMP, yaitu dapat meloloskan 3 Tim PKM maju PIMNAS. “Semua itu atas dukungan semua pihak, semoga dengan pencapaian prestasi itu akan membawa nama baik UMP,” pungkas Suyoto.

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini448
mod_vvisit_counterKemarin2267
mod_vvisit_counterMinggu ini15503
mod_vvisit_counterBulan ini51143
Kami memiliki 14 tamu online