Mahasiswa FKIP UM Purworejo Ikuti Program Magang di 5 Kabupaten
Ditulis oleh Humas   
Jumat, 16 Agustus 2019 12:54
Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPwr), menerjunkan sebanyak 922 mahasiswa dari berbagai program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk melaksanakan program magang I dan III. Adapun mahasiswa magang I berjumlah 413 orang dan mahasiswa magang III berjumlah 509 orang yang ditugaskan untuk magang di sejumlah sekolah di 5 Kabupaten, yaitu Kabupaten Purworejo, Kebumen, Cilacap, Wonosobo, dan Magelang.

''Untuk program magang I diikuti oleh mahasiswa semester IV selama 1 bulan yang dimulai pada tanggal 16 Juli sampai 16 Agustus 2019, sedangkan program magang III diikuti oleh mahasiswa semester VI yang berlangsung selama 2 bulan mulai tanggal 16 Juli sampai 13 September 2019,'' jelas Basuki, M.Pd.B.I. selaku perwakilan dari UPT Magang UMPwr.

Pihaknya menyebutkan, para mahasiswa tersebut akan melaksanakan magang I dan III di 84 sekolah tingkat SD, SMA, dan SMK, yang sudah menjalin kemitraan dengan UMPwr. Adapun sekolah yang menjadi tempat magang, terdiri dari 20 SD serta 64 SMA dan SMK di Kabupaten Purworejo, Kebumen, Cilacap, Wonosobo, dan Magelang.

Salah satu mahasiswa peserta magang III, Titin Dwi Kurniawati (Pendidikan Fisika) yang magang di SMAN 7 Purworejo mengungkapkan bahwa program magang I-III yang telah diikutinya memberikan banyak pengalaman yang bermanfaat. “Banyak pengalaman yang saya dapat dari program magang I-III ini, antara lain bisa memahami tugas seorang guru, mengetahui kepribadian dan karakter dari masing-masing peserta didik, mengetahui permasalahan dalam pembelajaran, dan juga menambah wawasan tentang cara pengajaran yang baik dari guru-guru yang berpengalaman.”

Sadmo Widodo, S.Pd. selaku Guru Pamong Magang III di SMAN 7 Purworejo mengaku cukup terbantu dengan keberadaan mahasiswa magang di sekolahnya. “Para mahasiswa itu sendiri cukup membantu didalam proses belajar mengajar. Meskipun disini mereka itu magang mengajar, tapi mereka banyak membantu dalam banyak hal, terutama dari segi administrasi dan lain-lain, karena meskipun itu bukan ranahnya, tapi pada saat mereka nanti menjadi guru yang sebenarnya,  mereka sudah terbiasa mengerjakan administrasi-administrasi yang dikerjakan oleh selayaknya seorang guru.”

Sadmo Widodo juga menilai bahwa mahasiswa magang di SMAN 7 Purworejo khususnya dari UMPwr secara umum semuanya baik. Namun demikian, sebagai mahasiswa yang baru belajar, tentunya ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam proses belajar mengajar, khususnya dari segi kesiapan mengajar dan manajemen waktu. “Kesiapan dan manajemen waktu itu yang paling utama yang mereka hadapi. Perlu adanya kesiapan dan manajemen waktu yang baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan maksimal”, ujarnya.

Dengan adanya mahasiswa magang, pihaknya akan selalu mendukung dengan memberikan kesempatan yang luas kepada para mahasiswa untuk magang di sekolahnya. “Kita memberikan peluang terbuka untuk para mahasiswa karena biar bagaimanapun, sebagai calon guru kan perlu tempat belajar, jangan sampai para mahasiswa itu malah tidak ada tempat untuk belajar, tapi tetep diberi waktu. Harapannya, semoga UMP sukses dalam membina para mahasiswa sehingga kedepan nanti para mahasiswa menjadi guru yang handal yang bisa dipercaya oleh negara,” pungkasnya.


 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini243
mod_vvisit_counterKemarin2261
mod_vvisit_counterMinggu ini243
mod_vvisit_counterBulan ini57546
Kami memiliki 58 tamu online