Sebanyak 62 Mahasiswa UM Purworejo Ikuti Bimbingan Perkawinan Pranikah dari Kemenag
Ditulis oleh Humas   
Kamis, 12 September 2019 09:01
Dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan tentang pernikahan di kalangan mahasiswa, Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purworejo menggelar sebuah acara bertajuk Bimbingan Perkawinan Pranikah Remaja Usia Nikah. Acara ini merupakan acara perdana yang diselenggarakan di UM Purworejo dan berlangsung pada tangga l9-10 September 2019. Bertempat di Ruang Seminar Gedung Rektorat UM Purworejo, acara ini diikuti oleh 62mahasiswa yang merupakan perwakilan dari seluruh prodi dan jenjang semester.

Rangkaian acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs. H. Bambang Sucipto, M.Pd.I. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MOU dan surat perjanjian kerjasama oleh kedua belah pihak, sekaligus materi kebijakan pemerintah tentang bimbingan perkawinan oleh bapak Drs. H. Bambang Sucipto, M.Pd.I.

Acara yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini diisi dengan pemaparan beberapa materi, antara lain tentang mempersiapkan keluarga yang kokoh, membangun hubungan dalam keluarga, peraturan perkawinan di Indonesia, serta hukum keluarga dalam Islam (munakahat). Materi tersebut disampaikan oleh beberapa narasumber dari Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo yang kompeten di bidangnya.

Selain itu, acara tersebut juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo yang memaparkan materi tentang kesehatan reproduksi. Pada sesi akhir acara, Wakil Rektor IV UM Purworejo, Tri Ermayani, M.Ag. juga turut serta menjadi narasumber yang menyampaikan materi tentang mempersiapkan generasi yang berkualitas. Acara kemudian ditutup dengan post test untuk mengetahui pemahaman peserta sekaligus pembagian sertifikat kepada para peserta, kemudian diakhiri dengan foto bersama.

Salah satu mahasiswi peserta dari prodi PBSI, Sendy Claura mengungkapkan alasannya mengikuti acara tersebut. “Saya tertarik ikut acara ini karena ingin menambah wawasan mengenai kehidupan pernikahan dan apa saja yang perlu dipersiapkan.” ungkapnya.  Dia juga menambahkan bahwa acara tersebut memberikannya banyak manfaat. “Banyak manfaat yang saya dapat dari acara ini, diantaranya menjadi lebih tahu mengenai hukum-hukum pernikahan; mengetahui lembaga yang dipersiapkan oleh pemerintah untuk mengatasi segala permasalahan pernikahan; dan belajar banyak mengenai pencegahan perceraian serta mengetahui kesehatan lingkungan pernikahan.” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV bidang Al Islam Kemuhammadiyahan dan kerjasama UM Purworejo, Tri Ermayani, M.Ag. menjelaskan bahwa acara ini merupakan  program dari Kemenag Pusat dimana setiap kabupaten mendapatkan kuota sebanyak 600 orang sebagai peserta dan salah satu sasarannya adalah mahasiswa. “Ini adalah sebuah wujud kerjasama yang saling menguntungkan antara UM Purworejo dan Kemenag kabupaten Purworejo. Sasarannya salah satunya adalah mahasiswa yang terbagi menjadi dua angkatan, yaitu angkatan 1 di UM Purworejo dan angkatan 2 di STAIAN Purworejo. Setiap angkatan berjumlah 62 orang yang terdiri dari peserta putra dan putri.” jelasnya.

Lebih lanjut, Tri Ermayani berharap agar acara tersebut dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang pembentukan keluarga sakinah, mawadah, warohmah, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi pernikahan yang sesuai harapan dan cita-cita. “Semoga acara ini dapat berlanjut di tahun yang akan datang” pungkasnya.  

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini185
mod_vvisit_counterKemarin2261
mod_vvisit_counterMinggu ini185
mod_vvisit_counterBulan ini57488
Kami memiliki 84 tamu online