UM Purworejo Gelar Wisuda Ke-61, 100 Wisudawan Raih Predikat Cumlaude
Ditulis oleh Humas   
Kamis, 03 Oktober 2019 09:07
Rabu, 2 Oktober 2019, Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo menggelar Wisuda Sarjana ke-61. Pada wisuda kali ini, sebanyak 426 mahasiswa diwisuda dan 100 di antaranya meraih predikat cumlaude. Prosesi wisuda digelar dalam rangkaian Rapat Senat Terbuka di Auditorium Kasman Singodimedjo UM Purworejo. Sebanyak 426 wisudawan tersebut terdiri atas 288 perempuan dan 138 laki-laki dari 12 program studi (Prodi).

Adapun rinciannya yakni, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) 65 orang, Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (PBSJ) 5 orang, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 68 orang, Pendidikan Ekonomi 60 orang, Pendidikan Matematika 83 orang, dan Pendidikan Fisika 21 orang. Berikutnya Prodi Pendidikan Teknik Otomotif 35 orang, Manajemen 50 orang, Agribisnis 14 orang, Peternakan 7 orang, Teknik Sipil 17 orang dan Psikologi 1 orang.

Dari sejumlah wisudawan dengan IPK tertinggi masing-masing Prodi, Andi dari Prodi Pendidikan Matematika tercatat sebagai wisudawan terbaik dengan IPK 3,79.  Sementara predikat wisudawan termuda disandang Mega Puspita Anggrainie dari Prodi PBI. Ia lahir di Purworejo pada tanggal 18 November 1999 sehingga saat ini berusia 19 tahun 10 bulan 14 hari.

Dekan Fakultas Pertanian selaku Ketua Panitia Wisuda, Ir Zulfanita MP, menyebutkan bahwa sebelum diwisuda, seluruh lulusan telah mendapatkan pembekalan selama dua hari oleh 2 pemateri dosen UMP dan 1 dosen UAD. Masing-masing yakni Faruq Iskandar MSi dengan materi “Strategi Sukses  Memasuki Bursa Kerja”, Ir Didik Widiyantono MAgr dengan materi “Sukses Membangun Bisnis dan Jaringan”, serta Prof. Dr. Ir. Dwi  Sulisworo, M.T dari UAD dengan materi “Strategi Sukses Meraih Beasiswa Studi Lanjut S2”.

Menurutnya, wisuda kali ini semakin lengkap dengan diadakannya Gelar Kreativitas Wirausaha Mahasiswa Peserta lolos KBMI dan PKM 2019. “Acara ini untuk memberi kesempatan agar start up bisnis yang tumbuh di kalangan mahasiswa UMP terus berkembang,” sebutnya.

Rektor UMP, Dr Rofiq Nurhadi MAg, berharap agar wisudawan yang baru saja menyandang gelar sarjana dapat menyesuaikan diri dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0. Tidak hanya mampu bekerja di perusahaan atau instansi lainnya, lulusan UMP juga harus memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan peluang yang muncul dari Revolusi Industri 4.0. Pihaknya juga berpesan agar seluruh lulusan UMP tidak pernah berhenti belajar dan menuntut ilmu.

Sarjana lulusan UMP harus menunjukkan sikap seorang intelektual yang memiliki moral dan etika luhur serta religiusitas tinggi yang mencerminkan akhlakul karimah sesuai dengan visi UMP yaitu Unggul dalam Ilmu, Mulia dalam Akhlak,” tegasnya.

Windy Cahyaningsih, S.Pd, salah satu wisudawati berharap agar dirinya dan seluruh wisudawan-wisudawati UM Purworejo mampu membangun Indonesia menjadi bangsa yang semakin berdaulat dan berkemajuan. “Kami bertekad untuk menjadi sarjana yang bekerja secara nyata untuk membangun negara dan memajukan peradaban bangsa Indonesia,” ucapnya.  

Selain itu, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada segenap civitas akademika UM Purworejo yang telah membimbingnya hingga wisuda serta berpesan kepada UM Purworejo agar tetap menjadi kampus idola dengan segudang prestasi.  
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini455
mod_vvisit_counterKemarin2267
mod_vvisit_counterMinggu ini15510
mod_vvisit_counterBulan ini51150
Kami memiliki 20 tamu online