UM Purworejo Sepakati Kerjasama dengan LPKA Kutoarjo
Ditulis oleh Humas   
Kamis, 05 Maret 2020 08:57
Dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo selalu berupaya meningkatkan kolaborasi dengan pihak luar. Salah satunya melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo yang ditandatangani oleh Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag dan Kepala LPKA Kutoarjo, Herastini, Bc.IP.,S.H., M.Si pada Rabu (4/3).  

Herastini mengatakan ada feedback positif antara kedua belah pihak untuk membentuk simbiosis mutualisme dimana hak-hak Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) harus tetap terlayani dengan baik. Hak pendidikan misalnya, Anak LPKA Kutoarjo wajib mengikuti sekolah meskipun di luar putus sekolah. Sentuhan bimbingan psikologi untuk menghilangkan trauma ABH, motivasi Anak, bahkan pelatihan-pelatihan keterampilan yang disesuaikan dengan bakat dan minat Anak harus selalu diupayakan.

Dengan adanya kerjasama ini, kami bersyukur dan terima kasih. Mudah-mudahan kedepan berjalan terus baik untuk akademisi sendiri maupun pemenuhan hak anak” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag mengungkapkan bahwa kerjasama dilakukan untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat. Kerjasama akan melibatkan beberapa fakultas seperti Fakultas Ilmu Sosial (FIS) serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Namun tidak menutup kemungkinan fakultas lainnya juga dilibatkan.

Kami juga sedang merancang kurikulum baru. Kegiatan mahasiswa nantinya 40% dilaksanakan di luar kampus. Salah satunya melalui program magang. Sangat tepat bila LPKA Kutoarjo berkolaborasi dengan kami dalam hal tenaga pengajar untuk kegiatan sekolah anak,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan LPKA Kutoarjo, Rini Astuti, berharap kerja sama dan penandatanganan PKS ini berjalan baik dan lancar seterusnya. “Semoga dapat membantu program pembinaan, terutama bagi Anak,” harap Rini.

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini881
mod_vvisit_counterKemarin2417
mod_vvisit_counterMinggu ini6114
mod_vvisit_counterBulan ini881
Kami memiliki 17 tamu online