KKN 2009 Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jumat, 06 Maret 2009 09:45
           Universitas Muhammadiyah Purworejo pada tiap tahun mengadakan salah satu pengamalan dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yakni Pengabdian Masyarakat. yang dalam hal ini berada dibawah LPPM. Pada tanggal 3 Februari 2009 diselenggarakan pelepasan mahasiswa KKN 2009 di Pendopo Kabupaten Purworejo oleh Wakil Bupati Purworejo, Rektor UMP dan Pejabat-pejabat dari berbagai dinas yang terkait. Sebanyak 461 mahasiswa KKN terbagi dalam 35 desa; 16 desa di kecamatan Kutoarjo dan 19 desa di Kecamatan Kemiri. Mahasiswa peserta KKN merupakan mahasiswa semester akhir dan transfer Universitas Muhammadiyah Purworejo diterjunkan di dua kecamatan yakni Kecamatan Kutoarjo dan Kecamatan Kemiri. Ada 2 program pada peserta KKN yaitu program fisik dan non fisik. program fisik antara lain: pengecatan, plangisasi, perbaikan jalan. sedangkan program yang berupa non fisik berupa bimbingan belajar, kegiatan keagamaan dan kegiatan kemasyarakatan.
           Program unggulan pada KKN kali ini berupa program pavingisasi di desa Tungtung Pait. Dalam peresmian pavingisasi di desa Tungtung Pait tersebut turut hadir Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo Drs. Mokh. Fakhrudin, M. Hum yang sekaligus meresmikan jalan sepanjang kurang lebih 160 meter.pada kesempatan tersebut hadir pula Kepala Desa Tungtung Pait Bapak Gatot Sriyono, Kepala LPPM : Drs. Budiyono, dan DPL KKN : Drs. H. Wijaya Heru S. M Pd. Pada acara tersebut Rektor UMP memberikan sambutan dan tetap menekankan kepada mahasiswanya agar senantiasa membina hubungan baik dengan tempat KKN walaupun sudah selesai masa KKN di desa tersebut. Serupa dengan Rektor UMP, Kepala Desa Tungtung Pait berterima kasih kepada UMP pada umumnya dan mahasiswa KKN pada khususnya yang telah aktif berperan serta dalam upaya memajukan desanya lewat berbagai program yang telah dilaksanakan dengan kata lain desa Tungtung Pait siap dan langsung menerima mahasiswa KKN pada periode yang akan datang.Penarikan mahasiswa KKN UMP dilaksanakan tanggal 5 Maret 2009 bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo. Acara di mulai pukul 09.30 - 11.00 wib dengan susunan acara sebagai berikut :
  1. Laporan Ketua Penyelenggara
  2. Sambutan Rektor UMP
  3. Sambutan Bupati Purworejo yang dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Pendidikan Nasional Purworejo Drs. Bambang Aryawan, M. M.
  4. Doa Penutup oleh Ustadz Rofiq Nurhadi, M. Ag
Acara penutupan berlangsung cukup Khidmat dan dalam waktu yang relatif singkat..Acara Penutupan juga langsung diliput oleh rekan-rekan dari Radio Surya FM dan Tim Video Kreatif UMP. Di samping itu ada beberapa wartawan yang juga meliput acara tersebut.