Audit Kinerja Dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ditulis oleh Pusat Penjamin Mutu   
Rabu, 25 Maret 2009 11:01
           Dalam rangka upaya meningkatkan kualitas perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Purworejo, Pusat Penjamin Mutu UMP menyelenggarakan audit kinerja dosen periode semester gasal tahun 2008/2009. Sasaran audit adalah seluruh dosen tetap UMP. Audit dilaksanakan mulai tanggal 23 Maret sampai tanggal 4 April 2009. Kegiatan audit melibatkan tiga orang auditor internal. Menurut Ketua PPM UMP, Dr. S. Eko Putro Widoyoko, audit pada semester gasal difokuskan pada dua aspek, kinerja dosen dalam kelas dan kedisiplinan layanan akademik (KLA). Kinerja dosen dalam kelas dinilai oleh mahasiswa pada akhir masa perkuliahan menggunakan angket  ”penilaian dosen oleh mahasiswa (pedom)”. Untuk waktu yang akan datang audit kinerja dosen akan diperluas dengan penilaian jenjang pendidikan tertinggi, jabatan akademik dan produktivitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen dalam periode waktu tertentu.
           Aspek yang dinilai dalam pedom meliputi kemampuan dosen dalam hal: kejelasan dalam menyampaikan materi perkuliahan; sistematika penyampaian materi perkuliahan; kemampuan mendorong mahasiswa untuk aktif dalam bertanya; kemampuan menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa; kedisiplinan dosen terhadap alokasi waktu yang diberikan; kemampuan menggunakan media pembelajaran; dan kemampuan menggunakan strategi pembelajaran.
           Kedisiplinan layanan akademi meliputi jumlah kehadiran memberi kuliah selama satu semester, kedisiplinan dalam menyerahkan soal ujian akhir semester dan kedisiplinan dosen menyerahkan nilai hasil ujian semester. Audit kinerja dosen akan dilakukan secara rutin setiap semester. Dengan adanya audit kinerja dosen diharapkan akan diperoleh peta kinerja dosen UMP secara keseluruhan. Selain itu juga diharapkan akan memotivasi dosen untuk selalu meningkatkan kinerjanya. Meningkatnya kinerja dosen diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas perkuliahan, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kualitas lulusan Univesitas Muhammadiyah Purworejo. Keberhasilan audit kinerja dosen membutuhkan partisipasi dan dukungan dari mahasiswa dan seluruh civitas akademika lainnya.