Laporan Tahunan Rektor pada Peringatan MILAD ke 45 UMP
Rabu, 30 September 2009 10:41
          Peringatan Milad UMP yang sedianya tanggal 24 September 2009 diundur manjadi tanggal 29 September 2009, hal ini dikarenakan tanggal 24 September masih dalam suasana Idul Fitri. Acara Peringatan Milad UMP ke 45 dimulai pukul 09.45 wib, dan dihadiri oleh para tamu undangan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, PR 3 UHAMKA, Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Badan Pelaksana Harian UMP, Senat UMP, Guru Besar, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Pimpinan Perguruan Tinggi, Bupati dan Anggota Muspida Purworejo, Pengadilan Negeri Purworejo, PD Muhammadiyah dan PD 'Aisyiyah, PCM dan PCA, Mitra UMP (Bank Jateng, Bank BNI dan Bank BRI cab Purworejo), Insan pers baik cetak maupun elektronik, Mahasiswa. 
          Pembukaan secara resmi peringatan Milad oleh Rektor UMP (Drs. M. Fakhrudin, M. Hum) dilanjutkan dengan sambutan-sambutan antara lain sambutan Bupati Purworejo yang dalam hal ini diwakili oleh Ka. Dinas Pendidikan Kab. Purworejo (Drs. Bambang Aryawan, MM). Dalam sambutannya Bp. Bupati menyampaikan bahwa Universitas Muhammadiyah Purworejo merupakan salah satu Universitas yang terbesar dan terkemuka di Kabupaten Purworejo dimana keberadaannya patut diperhitungkan terlebih dalam usianya yang ke 45 tahun 2009 ini.
          Dalam Pidato Milad, Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo menyampaikan berbagai pencapaian yang telah diraih dan strategi yang direncanakan agar UMP menjadi lebih baik dari sekarang. Berbagai strategi yang telah ditempuh antara lain : Meningkatkan mutu, baik proses maupun produk; Mewujudkan kampus sebagai masyarakat ilmiah yang Islami sebagai wahana keilmuan dan akhlaqul karimah; Melakukan sosialisasi fungsi dan peranannya; menyempurnakan manajemen sumber daya yang tersedia; mengembangkan kelembagaan. Adapun pencapaian yang telah diraih :
  1. Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Beberapa indikator peningkatan berupa shalat berjamaah di kampus, pembuatan VCD tuntunan thaharah shalat dan perawatan jenazah, Tutorial baca Al Qur'an.
  2. Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Peningkatan kualitas Dosen dengan Pendidikan S2 dan S3 
  3. Penelitian, Publikasi, Karya Inovatif, dan Hasil Lainnya. UMP telah mendapat hibah kompetensi penelitian dasar dengan lolosnya proposal penelitian Sudar, M.Pd di tingkat Dirjen Dikti Depdiknas.
  4. Pengabdian Masyarakat. Berbagai penyuluhan dan pelatihan dengan biaya dari UMP dan Dirjen Dikti telah dilaksanakan baik secara terprogram maupun insidental.
  5. Bidang Kerjasama. Kegiatan kerjasama dilaksanakan UMP dengan masyarakat baik berupa diklat dan pendampingan antara lain: Pelatihan komputer dengan pemerintah kecamatan Bener kabupaten Purworejo, Kemitraan Inti Plasma Agribisnis Kelinci, Pembibitan Albasia dengan PCM Loano, Lokakarya hari Lingkungan Hidup, Panen Padi Organik di Desa Pepe Pituruh yang dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah (Prof. Dr. Din Syamsuddin, MA), Ketua Umum PP Aisyiyah (Hj. Chamamah), Bupati Purworejo. 
  6. Sarana Prasarana. Membangun gedung tiga lantai untuk perkuliahan, penambahan fasilitas AC dan buku-buku perpustakaan, Penambahan notebook 22 unit dan LCD Proyektor 22 unit, penambahan bandwith hot spot UMP, pembelian 1 unit mobil baru, pembuatan fasilitas ATM. Universitas Muhammadiyah Purworejo juga mohon doa restu atas pembangunan gedung baru berlantai tiga yang rencananya akan dibangun masjid pada lantai paling atas.
          Pidato ilmiah dalam rangka Milad UMP ke - 45 disampaikan ol;eh Wakil Rektor III yaitu Dr. H. A. F. Wibisono, MA atau yang sering dipanggil dengan nama Ki Ageng. Dalam pidatonya Ki Ageng menyampaikan tentang perkembangan amal usaha Muhammadiyah tidak hanya di Purworejo tetapi juga di Indonesia, bahkan sampai ulama Timur Tengah kagum akan kemajuan Muhammadiyah di Indonesia. Ulama tersebut kagum akan usia dari Muhammadiyah yang sudah menginjak 1 abad pada tanggal 25 November 2009. Selain itu amal usaha Muhammadiyah yang berupa Universitas di berbagai pelosok tanah air mengalami peningkatan jumlah mahasiswanya, tidak terkecuali UM Purworejo yang pada tahun ini tercatat 1471 mahasiswa baru. Acara Milad diakhiri dengan doa oleh H. Haditoyo, S.Ag dan ditutup secara resmi oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo pada pukul 12.20 wib.
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini1756
mod_vvisit_counterKemarin2739
mod_vvisit_counterMinggu ini14857
mod_vvisit_counterBulan ini36927
Kami memiliki 23 tamu online