Tahun Baru 1431 H Sebagai Momentum Peneguhan Kembali Jilbab Syar'i Wujudkan Kehidupan yang Islami
Ditulis oleh Humas   
Selasa, 29 Desember 2009 14:21
         Sabtu, 9 Muharram 1431 H bertepatan dengan tanggal 26 Desember 2009 M Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Purworejo bersilaturahmi ke beberapa dosen dalam rangka hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Silaturahmi yang diwakili oleh Koordinator Komisariat IMM (Halimah Ayu Kurnia, Teguh Budi Prasetyo dan Ahmad Fadhol Arifin) serta beberapa IMMawati pengurus Komisariat IMM (Mirna, Nia, Nita dan Nanik) bertujuan untuk meneguhkan kembali Jilbab Syar’i (Jilbab yang memenuhi standar pakaian Islami) seperti yang telah diprogramkan oleh Universitas Muhammadiyah Purworejo  di kalangan dosen dan mahasiswa dengan pemasangan gambar model busana Islami dan himbauan untuk memakai busana Islami, dalam rangka program Islamisasi kampus.
          Beberapa waktu lalu, IMM dan beberapa aktivis mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo juga membuat sebanyak 180 pin yang mengajak para mahasiswa untuk berjilbab tapi syar’i dalam rangka Milad Muhammadiyah yang ke satu Abad. Masih terkait dengan kegiatan tersebut, IMM berinisiatif untuk mensosialilsasikan pula kepada para dosen khususnya ibu-ibu dosen agar wacana jilbab syar’i dapat terus berkembang dan dikawal dengan baik. Dengan niat Lillah dan amar ma’ruf nahi munkar, akhirnya tim kecil IMM melaksanakan aksinya. Momentum Tahun Baru 1431 Hijriyah juga menjadi spirit IMM UMP untuk menggelar kegiatan simpatik ini.
          Sebelum bertandang ke ruang dosen yang bersangkutan, IMM telah memilih 3 (tiga) orang dosen yang menjadi tujuan silaturahmi dengan kriteria/indikator yang telah dipertimbangkan sedemikian rupa, salah satunya yaitu istiqomah dalam memakai pakaian Jilbab syar’i. Ketiga Ibu dosen tersebut adalah :
  1. Siska Dewi Fatma Riyanti, M.Si, Dosen sekaligus Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Fisika.
  2. Nur Azizah, S.Si, Dosen Program Studi Pendidikan Fisika.
  3. Zulfanita, M.P, Pembantu Dekan Fakultas Pertanian.
          Ketiga dosen pilihan IMM tersebut ternyata memiliki history berjilbab yang sungguh mencengangkan. Ibu Azizah dan Ibu Siska mengaku memang sudah lama berpakaian Islami karena memang sudah menjadi kewajiban. Sedangkan Ibu Zulfanita sendiri banyak tantangan dan cobaan serta tentu saja cercaan dari orang-orang terdekat ketika awal beliau berjilbab pada tahun 1983.
          Harapan IMM, dengan mensosialisasikan Jilbab syar’i yang tidak hanya kepada mahasiswa, program Universitas Muhammadiyah Purworejo untuk mengislamisasikan kampus  dapat terwujud. Memang untuk menuju ke arah sana perlu proses, tidak dapat dipaksakan dan tentunya bertahap dan dengan melibatkan dosen dan mahasiswa sekaligus secara aktif.
          Dengan terpilihnya tiga dosen sebagai motivator berjilbab syar’i, paling tidak di masing-masing prodi,  semoga niat kita terwujud untuk merefleksikan kehidupan Islami kampus dari segala aspek, khususnya dalam hal berbusana Islami.
          Di sela-sela perbincangan antara aktivis IMM dan dosen terpilih, ibu Siska yang merupakan salah satu dosen terpilih berkata,”Harapan saya, pelaksanaan ini bisa ke setiap prodi, jadi ada penggerak untuk menerapkan berbusana Islami dengan rapi dan syar’i, walaupun satu orang”. Kata ibu Siska lagi menambahkan,” Untuk memulai berproses berbusana Islami, sebenarnya dapat dilaksanakan dengan sederhana, dapat diterapkan di setiap prodi dan kelas, misalnya pada saat presentasi atau kuliah mahasiswa dihimbau untuk memakai pakaian yang rapi”. Sedangkan menurut ibu Azizah, proses untuk mengislamisasikan kampus dengan busana Islami, perlu kerja sama dari semua pihak dan tentunya menjadi tanggung jawab bersama.
          Di akhir silaturahmi, IMM memberikan kenang-kenangan kepada ketiga ibu dosen tersebut sebagai bentuk apresiasi setinggi-tingginya kepada mereka. Semoga ini dapat menjadi event tahunan, sehingga apa yang diharapkan bersama dapat terwujud. Tidak hanya di satu atau dua prodi tapi semua prodi ada motivator untuk berjilbab syar’i. Amin.
 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini1861
mod_vvisit_counterKemarin2739
mod_vvisit_counterMinggu ini14962
mod_vvisit_counterBulan ini37032
Kami memiliki 22 tamu online