Baitul Arqom Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ditulis oleh PPTIK   
Senin, 06 Juni 2011 12:06
         Pada tanggal 28 s.d 29 Jumadil Akhir  1432 H atau bertepatan dengan  tanggal  1 s.d 2 Juni 2011 M dan 2 s.d 3 Rajab 1432 H atau bertepatan dengan tanggal  4 s.d 5 Juni 2011 M Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan Baitul Arqam bagi Pegawai dan Dosen di hotel Ganesha Purworejo. Kegiatan Baitul Arqam pada tanggal 1 s.d 2 Juni 2011 dikhususkan bagi  Pegawai UMP sedangkan untuk tanggal 4 s.d 5 Juni 2011 M kegiatan Baitul Arqam dikhususkan untuk Dosen UMP.
        Dalam sambutannya, Rektor UMP (Drs. H. Supriyono, M.Pd.) mengatakan bahwa kegiatan Baitul Arqam ini merupakan kegiatan perkaderan formal Muhammadiyah  untuk warga Muhammadiyah yang berada di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Tujuan dari kegiatan Baitul Arqam ini adalah :
  1. Pembinaan   ideologi   dan menyamakan pemahaman al-Islam sesuai Al Quran dan As Sunnah serta penguatan komitmen bermuhammadiyah;
  2. Meluruskan niat dalam bekerja dan berjuang di Persyarikatan, diniati sebagai ibadah serta mencari dan mengharapkan ridla Allah semata, bukan hanya sekadar mengharapkan balasan dan ucapan terima kasih dari siapapun yang yang sifatnya duniawi;
  3. Pimpinan, Pegawai, dan pengelola amal Muhammadiyah Selain melakukan aktivitas pekerjaan yang rutin yang menjadi kewajibannya juga dibiasakan  melakukan kegiatan-kegiatan yang memperteguh dan meningkatkan taqarrub kepada Allah dan  memperkaya ruhani serta kemuliaan akhlaq   melalui pengajian, tadarrus serta kajian Al-Quran dan as Sunnah, dan bentuk-bentuk ibadah dan muamalah lainnya yang tertanam kuat dan menyatu dalam seluruh kegiatan amal usaha Muhammadiyah.
        UMP diharapkan dapat menjadi media dakwah Persyarikatan Muhammadiyah, yang membantu mempermudah dan memperjelas pemahaman tentang agama Islam sehingga dapat dilihat secara kongkrit prakteknya atau pelaksanaannya di UMP. Ini merupakan beban dan amanah yang berat bagi UMP, tapi UMP kan berusaha untuk mewujudkan hal itu”, kata Beliau ditengah-tengah sambutannya.
        Materi kegiatan Baitul Arqam terdiri dari empat materi pokok dan dinamika kelompok. Materi tersebut  dalah sebagai berikut  materi I adalah Penguatan Identitas Kader Muhammadiyah dengan pemateri Prof. H. Nurrochman Hajam, SU. (Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat  Muhammadiyah ), materi II adalah Paham Agama dalam Muhammadiyah dengan pemateri Prof. Dr. Ahmadi (Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang), materi III adalah Thaharah dan Ibadah dengan pemateri H. Haditoyo, S.Ag.(dosen AIK UMP),  materi IV adalah Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah dengan pemateri Drs. H. Sugiyono, M. Si. (Ketua Majelis Pendidikan Kader  Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jawa Tengah) Sedangkan untuk Dinamika Kelompok dengan pokok bahasan Implementasi dan Aktuialiasasi Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Sehari-hari dipandu oleh dr. H. Agus Taufiqurrahman, M. Kes. (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY).