Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 2011
Ditulis oleh Eko Setyadi K, M.Pd.Si.   
Sabtu, 12 November 2011 22:44

 

Universitas Muhammadiya Purworejo melalui Program Studi Pendidikan Fisika telah berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains ke 2 pada tanggal 12 November 2011 di Auditorium Universitas Muhamamdiyah Purworejo. Seminar yang mengusung tema “Cerdas, Kompetitif, dan Berakhaqul Karimah” ini diikuti tidak kurang dari 250 peserta pemakalah, non pemakalah, dan panitia. Hadir sebagai keynote speech adalah Dr. Ariswan dari FMIPA UNY dan Dr. Chairil Anwar dari FMIPA UGM. Nampak hadir pula “sesepuh” Prodi Pendidikan Fisika – UMP yaitu Drs. Juli Astono, M.Si beserta rekan-rekan dari UNY. Acara yang diselenggarakan sebagai agenda rutin tahunan Program Studi Pendidikan Fisika ini dibuka oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik UMP yaitu Prof. Dr. Sugeng Eko Putro W, M.Pd. Dalam sambutanya Pembantu Rektor I ini menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas apresiasi dan peran aktif para peserta seminar, baik dari dalam kota Purworejo maupun peserta yang berasal dari luar kota Purworejo. Diharapkan melalui kegiatan ilmiah ini dapat terjalin silaturahmi yang lebih erat antara lembaga baik perguruan tinggi, sekolah, maupun masyarakat sehingga terjalin tautan dan saling bersinergi untuk mewujudkan iklim ilmiah, berkompetisi secara sehat dan memiliki sikap dan tingkah laku yang berakhlaqul karimah.

Sementara itu kedua keynote speech, Dr. Ariswan dan Dr. Chairil Anwar menyampaikan materi dari makalahnya dengan “gaya”-nya yang khas, sehingga suasana Seminar menjadi lebih menyenangkan dan menggugah semangat peserta seminar; hal ini ditandai dengan antusiasisme peserta dalam sesi tanya jawab. Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 ini dilanjutkan dengan presentasi makalah dalam sidang paralel pada masing-masing bidang, yaitu bidang Fisika, bidang Pendidikan Fisika, bidang Matematika dan Pendidikan Matematika, serta bidang Sains dan Pendidikan Sains. Seluruh rangkaian kegiatan Seminar ini diakhiri dengan pembagian sertifikat dan beberapa kelengkapan administrasi lainnya pukul 15.00 WIB.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami atas nama Program Studi Pendidikan Fisika dan Panitia Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains tahun 2011 menghaturkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Para Pemakalah baik utama maupun Paralel, segenap peserta seminar non pemakalah, rekan-rekan sponsor yang telah berkenan memberikan dukungan sehingga terselenggaranya acara ini, dan segenap Panitia yang telah bekerja keras hingga akhir acara ini selesai. Tak ada gading yang tak retak, jika terdapat kekeliruan dan kekurang nyamanan selama penyelenggaraan acara ini mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita diberi kesempatan agar dapat bersilaturahmi kembali pada bulan April 2012 di Seminar Nasional HFI Cabang Jawa Tengah-DIY.