Lomba Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana)
Ditulis oleh PPTIK   
Jumat, 04 Mei 2012 10:11

 

Pemilihan Duta Mahasiswa Genre (Generasi Berencana) Tahun 2012

 

Menindaklanjuti Surat Deputi Bidang KS-BKKBN Pusat nomor 398/PD.101/F2/2012 tangal 15 Februari 2012, bahwa dalam rangka meningkatkan sosialisasi Program Generasi Berencana (GenRe) dikalangan mahasiswa, BKKBN Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan Pemilihan Duta Mahasiswa Genre Tingkat Provinsi Tahun 2012. Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap, yaitu : Babak Penyisihan di Tingkat Karisidenan dan Babak Final di Tingkat Provinsi.

Duta mahasiswa Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Purworejo berhasil memboyong trophi Juara I dan II tingkat eks Karisidenan Kedu di Temanggung. Perwakilan Genre Putra Erik Purwadi meraih Juara I, sedangkan Genre Putri yang diwakili Astrid Hiera Mutiara Firdaus meraih Juara II. Keduanya adalah merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo semester dua.

Atas prestasinya sebagai Juara Pertama Putra, maka Erik Purwadi akan diajukan sebagai Duta Mahasiswa Tingkat Propinsi untuk mewakili Kedu. ia akan berpasangan denganJuara I Duta Mahasiswa Putri dari Kabupaten Temanggung.

Pada babak final tingkat Provinsi Erik Purwadi yang merupakan wakil dari Kedu berhasil meraih Juara I  pada Lomba Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) Tingkat Jawa Tengah. Pertanyaan demi pertanyaan dari dewan juri dapat dijawab dengan tepat termasuk pertanyaan yang menggunakan Bahasa Inggris.

Kegiatan duta mahasiswa Genre tersebut dilaksanakan dengan tujuan menyiapkan figure mahasiswa untuk menjadi model, contoh, dan teladan bagi teman mahasiswa sebaya dalam mensosialisasikan program Genre dikalangan mahasiswa. selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku mahasiswa untuk berperilaku sehat dan berakhlak.

Sedangkan harapannya adalahmeningkatnya jumlah duta mahasiswa untuk menjadi figure dan motivator program Genre dalam pemahaman dan perilaku mahasiswa terhadap upaya penundaaan usia perkawinan.