International Conference on education (ICE) 2017: penguatan literasi pendidikan
Ditulis oleh Humas   
Sabtu, 04 November 2017 08:49
ICE 2017 merupakan seminar bertaraf internasional yang pertama kali diselenggarakan oleh FKIP UMPurworejo. Pada kesempatan tersebut, diambil tema “Strengthening Education Literacy for Global Competitiveness”. Tema ini dipilih mengingat persaingan di era global sudah di depan mata dan setiap bangsa di dunia tidak dapat menghindarinya lagi. Oleh karena itu, salah satu cara yang tepat digunakan adalah melalui penguatan di bidang pendidikan.
 
ICE 2017 menghadirkan 4 pakar dibidang pendidikan diantaranya: Prof. Ocky Karna Rajasa, M.sc., Ph.D (DPRM Dikti), Prof. Hamdan Sain, M.Ed., Ph.D (Universiti Teknologi Malaysia), Dr. Jessy Png Lay Hoon (National Institute of Education Nanyang Technological University), dan Prof. Dr. Sugeng Eko Putro Widoyoko, M.Pd (Universitas Muhammadiyah Purworejo). Masing-masing pembicara akan menyampaikan materi yang terkait dengan tema.
 
Panitia ICE 2017, Yuli Widiyono, M,Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ICE 2017 ini diikuti oleh 158 pemakalah dari berbagai universitas negeri dan swasta di Indonesia termasuk didalamnya turut pula dihadiri oleh perwakilan luar negeri seperti Tanzania, Rwanda, Polandia, dan Uganda.
 
Selanjutnya Rektor UMPurworejo, Drs. Supriyono, M.Pd, turut pula dalam sambutannya menyampaikan bahwa literasi dalam pendidikan merupakan usaha yang sangat komplek dan penuh tantangan. Literasi dalam pendidikan merupakan kegiatan yang sangat dinamis dan membutuhkan pengetahuan luas dan berbagai keterampilan yang terkait. Oleh karena itu, Indonesia harus turut mampu mengambil peluang agar kompetitiv dalam dunia global.
 
Secara umum pelaksanaan ICE 2017 mendapat sambutan yang sangat baik dari peserta. Besar harapan dari segenap sivitas akademik UMPurworejo, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara rutin sebagai bentuk komitmen UMPurworejo untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa.