Bimbingan Teknis Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat edisi XII
Ditulis oleh lppm   
Jumat, 23 Maret 2018 10:56
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo pada Rabu, 21 Maret 2018 bertempat di ruang seminar mengadakan bimbingan teknis panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat edisi XII yang diikuti oleh semua dosen UMPurworejo. Kegiatan ini penting dilaksanakan dalam kaitannya dengan proses pengajuan proposal hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan tahun 2019. Kegiatan dengan nara sumber Prof, Dr. S. Eko Putro W, M.Pd, Budi Setiawan, M.hum, dan Dr. Sriyono, M.Pd ini berjalan dengan baik.

Pimpinan universitas memberikan dorongan kepada setiap dosen untuk senantiasa meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beliau juga menambahkan, patut disyukuri pula bahwa proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen UMPurworejo dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, baik secara jumlah penerima maupun nominal dana hibah yang diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mengalami perbaikan dan peningkatan.

Nara sumber menyebutkan bahwa, Panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat edisi XII ini mengalami beberapa perubahan yang wajib dicermati oleh setiap dosen pengusul. Fokus yang perlu dicermati adalah pada keanggotaan tim peneliti yang mulai memperhitungkan publikasi ilmiah.LPPM mewanti-wanti kepada setiap dosen agar memperhatikan batas waktu pengiriman pengajuan proposal hibah penelitian. Dosen juga harus terdorong untuk naik grade ke skim penelitian yang lebih tinggi guna meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh universitas.

Kegiatan penelitian harus sejalan selaras dengan publikasi ilmiah dosen, baik pada jurnal internasional bereputasi maupun jurnal nasional terakreditasi. Peningkatan kinerja penelitian pada akhirnya akan mampu mendongkrak peringkat institusi menjadi perguruan tinggi dengan cluster madya.

Hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat hendaknyalah menjadi fokus perhatian dari para peneliti. Hal ini disebabkan karena hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat hendaknyalah mampu menyentuh kehidupan masyarakat. Alih guna teknologi hasil penelitian juga harus mampu menggerakkan ekonomi masyarakat guna menuju peningkatan dan kemajuan bangsa.