Studi Lapangan Program Studi Teknik Sipil
Ditulis oleh Teknik Sipil   
Senin, 26 Maret 2018 11:04

Pada hari Rabu tanggal 21 Maret 2018, Program Studi Teknik Sipil mengadakan Studi Lapangan di PT. Trans Marga Jawa Tengah dan PT. Pelindo III  Cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kegiatan ini diikuti 120 mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purworejo, didampingi Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi dan dosen.

 

PT. Trans Marga Jawa Tengah adalah Badan Usaha Milik Propinsi Jawa Tengah yang mengelola ruas jalan tol Semarang – Solo. Saat berada di PT Trans Marga Jawa Tengah mahasiswa mendapat penjelasan tentang proses dan kendala pembangunan ruas Semarang – Salatiga, operasi dan pemeliharaan jalan tol dari General Manajer Teknik dan Operasi Bapak Prajudi beserta jajaran manajer. Pembangunan Ruas Jalan Tol Semarang – Salatiga mempunyai tantangan tersendiri yaitu melewati perbukitan dan lembah yang dalam, geologi, curah hujan tinggi dan pembebasan lahan. Kendala tersebut menuntut inovasi rekayasa teknik sipil terdapat dalam jembatan bentang panjang 800 m dengan pilar setinggi 60 m serta perbaikan tanah.

 

Saat berada di PT Pelabuhan Indonesia III cabang Tanjung Emas Semarang, mahaiswa mendapat penjelasan dari Divisi Teknik mengenai profil perusahaan dan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Pelabuhan Tanjung Emas. Salah satu kegiatan RIP adalah reklamasi untuk pembangunan Kawasan Barat Baru. Pembangunan Dermaga Baru diharapkan Kapal-kapal dengan draft 10 -15 m dapat menggunakan Pelabuhan Tanjung Emas. Selain itu juga membangun fasilitas daratan seperti terminal Log (kayu-kayu besar), curah cair (minyak kelapa sawit) dan curah kering (semen, batubara, tepung terigu dsb).