Pembekalan soft skill bagi mahasiswa baru
Ditulis oleh humas   
Selasa, 10 April 2018 09:23

Universitas Muhammadiyah Purworejo melaksanakan kegiatan pembekalan sof skill bagi mahasiswa baru semester 2. Kegiatan berlangsung pada 6 – 7 April 2018 bertempat di Kampus C Plaosan. Pembekalan soft skill merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun kepada mahasiswa baru dengan tujuan untuk menanamkan kecakapan hidup yang nantinya akan berguna di dunia kerja.

UMPurworejo memandang bahwa mahasiswa pada saat ini tidak hanya sekedar memiliki hard skill saja namun harus juga memiliki dan menguasai sof skill. Kedua skill tersebut saling mendukung dan menyempurnakan terlebih di dunia kerja. Hard skill secara teknis telah diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan ilmunya, dan ini dapat dikembangkan dan dipelajari selama kegiatan perkuliahan.

Ketua panitia sofskill 2018, Ismawati Ike Nugraheni, S.S., M.Hum., menginformasikan bahwa kegiatan sofskill ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan atau workshop oleh dosen kepada mahasiswa yang dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Materi softskill telah disusun sedemikian rupa yang menekankan pada pembangunan karakter mahasiswa. Karakter softskill yang hendak ditanamkan antara lain kemampuan memotivasi diri, kepemimpinan, komunikasi, kerja sama, membangun relasi, menejemn waktu, mengahadapi stress dan tekanan, berpikir kreatif, membangun pola pikir positif, integritas, percaya diri, dan optimisme.

Kegiatan yang berlangsung dengan lancar tersebut memperoleh sambutan hangat dari para peserta (mahasiswa). Salah satu mahsiswa yang ditemuai seusai kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif guna membangun karakter seseorang. Ia juga menyampaikan harapan agar kegiatan ini lebih sering dilaksanakan dengan sasaran yang lebih luas lagi.