Kegiatan KMD (Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar) Racana UM Purworejo Tahun 2019
Ditulis oleh UKM Racana   
Jumat, 01 Maret 2019 09:59
Gerakan Pramuka adalah wadah pembinaan untuk mewujudkan kaum muda yang cerdas dan mandiri berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam mencapai hal tersebut dibutuhkan kualitas Pembina Pramuka yang mahir untuk membina peserta didik di satuannya. Pramuka Pandega sebagai calon Pembina Pramuka perlu mendapat bekal yang memadai tentang teknis kepramukaan.

Berdasarkan hal di atas, Dewan Racana K.H.A Dahlan dan Nyi Walidah Universitas Muhammmadiyah Purworejo bekerjasama dengan Kwartir Cabang Purworejo mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tinggkat Dasar (KMD) angkatan ke-1 Tahun 2019 di Desa Golok, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 23 Februari 2019 dengan jumlah 94 peserta. Peserta terdiri dari 72 putri dan 22 putra yang berasal dari Mahasiswa UM Purworejo, UM Purwokerto, UNSOED, IKIP PGRI Wates, serta Guru SMK Cipta Karya Pembun Kebumen.

Peserta KMD mendapatkan materi Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak oleh pelatih-pelatih handal dari Kwartir Cabang Purworejo. Kegiatan dibuka dengan ciri khas Racana yaitu Adat Buka Racana dilanjutkan dengan kegiatan pre-test, dilanjutkan dengan kegiatan kursur yaitu dengan pemberian materi di ruang sesi dan kegiatan praktik di lapangan. Peserta KMD dibina menjadi Pembina Pramuka yang baik dan handal serta praktik menjadi seorang Penbina Pramuka. Pada malam terakhir diadakan Upacara Api Unggun, malam gembira, malam atraksi, malam pentas seni. Pada malam itu, peserta menampilkan berbagai macam pentas seni diantaranya Pantomim, Sing Off, Battle Pantun, Dance Modern, Drama Musikal, Drama Komedi, Dubbing, dan Tari Tradisional. Setelah kegiatan Api Unggun berakhir dilanjutkan dengan kegiatan Renungan Baden Powell Day, karena pada malam itu bertepatan dengan tanggal lahirnya Bapak Pandu Dunia yaitu Robert Stephenson Smyth Baden-Powell atau Lord Baden-Powell pada tanggal 22 Februari 1857.

Pada hari terakhir dilanjutkan dengan kegiatan outdoor management games di lapangan dengan berbagai macam permainan seperti estafet air, estafet tongkat, goresan waktu, tiup balon, pecah balon lawan, dan bambu geprak. Dari 94 peserta, terpilih 10 peserta tergiat antara lain:

  1. Laita Fauqi Baroroh
  2. Elena Susianti
  3. Arikta Mufti I.A
  4. Agustina Zuliyanti
  5. Siti Nurcholifah
  6. Deni Susanto
  7. Eling Wulandari
  8. Eka Ngaenul Masruroh
  9. Dino Budiyanto
  10. Afni Septiyani

Kegiatan di Desa Golok diakhiri dengan Upacara Penutupan yang dihadiri oleh Pembina Pramuka Kak Herlina, Pj Kepala Desa Golok dan para Pelatih dari Kwartir Cabang Purworejo serta pemberian kenang-kenangan dan ucapan terimakasih dari Pembina Pramuka kepada Pihak Desa Golok dan dilanjut Sayonara.
 
Salam Pramuka!!!