Kuliah Praktisi Dan Kerjasama Program Studi Manajemen Dengan Dunia Usaha
Ditulis oleh Manajemen   
Kamis, 20 Desember 2012 13:05
Perlunya meningkatan pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purworejo mengenai pentingnya peran dan kontribusi lembaga-lembaga keuangan non perbankan dalam pembangunan ekonomi Indonesia khususnya pada sektor mikro.
Koperasi simpan pinjam syariah merupakan salah satu lembaga keuangan non perbankan yang prospektif dalam perekonomian mikro, untuk itu perlu memberikan gambaran riil kepada mahasiswa mengenai seluk beluk, peran serta, kontribusi dan prospek ke depan dari usaha lembaga keuangan non perbankan ini, untuk itu Program Studi Manajemen pada tanggal 7 Desember 2012 menyelenggarakan kuliah tamu dengan mengundang praktisi yaitu Direktur BMT Marhamah Wonosobo sebagai pembicara.
Pada kesempatan tersebut pula, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan BMT Marahamah Wonosobo telah melakukan kerjasama dalam bidang Akademik Dan Penyediaan Calon Tenaga Kerja.  Penandatanganan MoU telah dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2012. Penandatanganan ini dilakukakan oleh dua pihak, dari pihak Pertama yaitu dari BMT Marhamah diwakili oleh Manajer SDM dan LITBANG (Bapak Nur Hidayat, S.E.) diketahui Direktur BMT Marhamah (Bapak H. Nur Basuki, S.Ag). Sedangkan dari Pihak Kedua yaitu Program Studi Manajemen diwakili oleh Ketua program studi (Endah Pri Ariningsih, S.E., M.Sc) diketahui Dekan Fakultas Ekonomi  (Intan Puspitasari, S.E., M.Sc.).
Tujuan kerjasama dalam kesepakatan bersama ini diantaranya adalah :
  • Bidang Akademik Pendidikan dan Pengajaran
  1. Memberikan pengetahuan secara teori pada BMT Marhamah tentang kegiatan koperasi syari’ah.
  2. Memberikan pengetahuan secara praktis pada mahasiswa tentang kegiatan koperasi syari’ah.
  • Penelitian dan pengabdian pada Masyarakat

       Training, mediator dan survey dalam penggalian data penelitian baik untuk keperluan mahasiswa maupun BMT    Marhamah

  • Penyediaan Calon Tenaga Kerja
  1. Terserapnya peluang karir bagi alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  2. Calon karyawan BMT yang kompeten di bidang keuangan syari’ah
  3. Seleksi penerimaan calon karyawan BMT Marhamah.


Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat untuk semua pihak yang terkait.