Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 >> berita dan pengumuman


           Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada awalnya merupakan jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS) dengan status terdaftar, SK Koperti IV No.03/Koperti IV/Sm/Prom/73. Pada tahun 1986 nama jurusan dan fakultas melalui SK No. 0389/O/1986 tanggal 22 Mei 1986 berubah menjadi jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS). Tahun 1993 melalui SK Mendikbud RI Nomor: 223/Dikti/Kep./1993 tanggal 1 Mei 1993 diberi status disamakan untuk jenjang program S1. Pada tahun 1998 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memperoleh status terakreditasi dengan peringkat B ( baik ) berdasarkan surat keputusan dari BAN PT , nomor : 001/BAN-PT/Ak-1/VIII/1998, tanggal 11 Agustus 1998.
           Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempunyai visi, misi yang sesuai dengan universitas. Kesesuaian visi, misi, yang tertuang dalam sasaran, dan tujuan program studi dimaksudkan untuk memperkokoh jati diri dan eksistensi program studi di masyarakat., yang pada akhirnya akan menghasilkan produk lulusan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat pengguna.
 
Visi Program Studi

Berkeunggulan dalam pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional serta menghasilkan tenaga pendidik profesional yang Islami.

Misi Program Studi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dan Daerah yang menghasilkan sumber daya insani profesional yang Islami.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan Daerah yang Islami untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang Islami sebagai wadah penerapan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.
Sasaran Program Studi
 
Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menguasai ilmu pendidikan dan ilmu pengetahuan di bidang bahasa dan sastra Indonesia yang Islami, mampu mengajarkannya secara profesional dan memiliki kepedulian terhadap perkembangan dan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia, dan memiliki kemampuan meneliti dan melakukan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan Program Studi
 
Tujuan Umum
  1. Menyiapkan tenaga pendidik profesional yang Islami di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menyiapkan tenaga peneliti profesional di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menyiapkan tenaga pembinaan dan pengembangan yang Islami di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Tujuan Khusus
  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mandiri dan mampu berpikir secara sistematik, terpadu, serta merealisasikan ilmunya dalam bidang yang relevan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk turut berperan serta dalam pengembangan masyarakat, bangsa, dan negara.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang religius, unggul, dan humanis yang diharapkan :
  • memiliki pengetahuan bahasa Indonesia
  • memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
  • memiliki pengetahuan pengajaran bahasa Indonesia
  • memiliki kemampuan mengajarkan bahasa Indonesia
  • memiliki kemampuan mengajarkan sastra Indonesia
  • memiliki kemampuan melaksanakan penelitian bahasa Indonesia
  • memiliki kemampuan melaksanakan penelitian sastra Indonesi
  • memiliki kemampuan melaksanakan penelitian pendidikan bahasa Indonesia
  • memiliki kemampuan melaksanakan penelitian pendidikan sastra Indonesia
  • memiliki kemampuan karya sastra Indonesia