Analisis Efisiensi Modal Kerja Pada Kopkar “Surya” Universitas Muhammadiyah Purworejo
Ditulis oleh Anita Rinawati, M.Pd   
Minggu, 29 Januari 2012 06:16

 

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisis Efisiensi Modal Kerja Pada Kopkar “Surya” Universitas Muhammadiyah Purworejo”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi penggunan modal kerja pada Kopkar“Surya” Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2000 sampai dengan 2004.
Populasi dalam penelitian ini adalah data keuangan Kopkar “Surya” tahun 2000-2004. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah semua data yang ada dalam populasi penelitian, karena penelitian ini merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah modal kerja Kopkar “Surya” dengan indikator Kas, Piutang, Persediaan, Aktiva Lancar, Hutang Lancar, Kredit yang diberikan, dan SHU.
Setelah data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan wawancara, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menghitung rasio likuiditas, rasio aktivitas dan rasio rentabilitas tahun 2000-2004. Angka rasio tersebut selanjutnya dibandingkan dengan kriteria pengukuran dari Departemen Koperasi dan PKM. Analisis tersebut untuk membuktikan hipotesis yang telah diajukan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Kopkar “Surya” Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam mengelola modal kerja belum efisien. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat perputaran kas dan perputaran modal kerja masih jauh di bawah standar. Dengan demikian hipotesis tentang efisiensi modal kerja ditolak.

Kata Kunci: Efisiensi, Modal Kerja, Rasio Likuiditas, Aktivitas, dan Rentabilitas

 

Email Penulis: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya